Sabtu, 24 Februari 2018

Tiongkok Berhasil Luncurkan Satelit Beidou-3

Senin, 06 November 2017 22:00

Ayo berbagi!

Pada Minggu (5/11) pukul 19:45 waktu setempat, Tiongkok berhasil meluncurkan dua satelit sistem pencari posisi global (GPS), BeiDou-3 dengan roket pembawa Long March 3B di Pusat Peluncuran Satelit Xichang. Ini merupakan peluncuran satelit BeiDou-3 yang pertama kali, sekaligus menandakan sistem navigasi berbasis satelit Tiongkok telah memasuki era baru.

Sejak akhir abad ke-20, Tiongkok mulai menjajaki pengembangan sistem navigasi berbasis satelit yang sesuai dengan keadaan negeri sendiri. Setelah itu, terbentuk sebuah strategi yang disebut dengan "pembangunan tiga tahap" yakni, pertama, sebelum akhir tahun 2000 Tiongkok akan merampungkan pembangunan sistem BeiDou-1; kedua, sebelum akhir tahun 2012, Tiongkok akan merampungkan pembangunan sistem BeiDou-2 yang menyediakan layanan kepada kawasan Asia Pasifik; dan ketiga, sekitar tahun 2020, Tiongkok akan merampungkan pembangunan sistem global BeiDou yang menyediakan layanan kepada seluruh dunia.

Kini, dua tahap pertama telah direalisasi, dan Tiongkok merupakan negara ke-3 di dunia yang memiliki sistem navigasi berbasis satelit secara independen.

Berdasarkan rencana, sekitar akhir tahun 2018, Tiongkok akan meluncurkan 18 satelit BeiDou-3 yang dapat menjangkau seluruh negara yang dilintasi "Satu Sabuk Satu Jalan", dan hingga sekitar tahun 2020, 30 lebih satelit GPS akan dirampungkan, sehingga dapat menyediakan layanan kepada seluruh dunia.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar