Sabtu, 25 November 2017

Kemenkominfo fasilitasi akses internet pelaku startup

Jumat, 10 November 2017 17:27

Ilustrasi. Sumber Foto: http://bit.ly/2mayq7I Ilustrasi. Sumber Foto: http://bit.ly/2mayq7I
Ayo berbagi!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) siap memfasilitasi layanan atau akses internet ke daerah yang belum terjangkau sambungan digital bagi pelaku startup di Indonesia.

Kasie Manajemen Audit Kepatuhan Penyelenggaraan Sistem Elektronik Kemenkominfo, Luat Sihombing di Makassar, Jumat, mengatakan para pelaku startup bisa mengajukan permohonan untuk membuka akses di daerah tertentu.

"Bagi pelaku punya startup yang berkeinginan membuat proyek di daerah A atau B yang masih belum memiliki akses internat, bisa mengajukan ke kami untuk dibantu melakukan percepatan (penyediaan akses internet)," katanya.

Ia menjelaskan Kementerian Kominfo saat ini memang sudah memiliki proyek kabel serat optik Palapa Ring. Proyek ini tentunya bertujuan untuk mempercepat konektivitas broadband.

Broadband merupakan jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data.

Menurut dia, proyek Palapa Ring yang merupakan fiber optik memang telah targetkan sudah terhubung ke seluruh wilayah Indonesia pada 2019. Untuk proyek ini sendiri sudah dimulai sejak 2016 akan terus dikembangkan hingga menyentuh seluruh wilayah di tanah air.

"Kami siap membantu percepatan akses agar bisa meningkatkan atau membantu perekonomian masyarakat di daerah tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, keberadaan startup di Indonesia memang begitu membantu dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu juga telah dibuktikan beberapa pengusaha startup termasuk diantaranya Gojek.

Perusahaan ini bahkan sudah memiliki puluhan ribu pengendara yang tingkat perekonomiannya juga lebih baik.

"Kami bisa memfasilitasi dalam percepatan akses internet, namun pengusul itu tentunya harus menyediakan listrik," ujarnya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar