Sabtu, 25 November 2017

Menkeu berharap ekonomi kuartal IV-2017 tumbuh positif

Jumat, 10 November 2017 21:22

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: http://bit.ly/2xjrfLy Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: http://bit.ly/2xjrfLy
Ayo berbagi!

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2017 mampu tumbuh positif dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

"Saya tetap berharap dan melihat dari volume total belanja yang sudah diajukan, pada kuartal IV tahun ini dibandingkan tahun lalu pertumbuhannya akan tetap positif sehingga bisa memberikan dampak positif pula terhadap pertumbuhan ekonomi kuartal terakhir nanti," kata Sri Mulyani ditemui di kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (10/11).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2017 masih bisa diharapkan tumbuh di atas 5,2 persen.

"Saya menganggap dengan apa yang terjadi pada kuartal III-2017, kalau komposisi investasi dan ekspor tetap akan kuat sekaligus bisa menjaga harga-harga dan daya beli, mungkin kuartal IV masih bisa berharap (tumbuh) di atas 5,2 persen," kata Sri Mulyani.

Ia juga mengatakan bahwa pada kuartal IV-2017, pemerintah biasanya mengakselerasi belanja-belanja yang sudah dilakukan.

Pemerintah juga akan terus memantau kebutuhan sehingga seluruh program dari kementerian dan lembaga tetap bisa dijalankan.

"Dan kalau dilihat dari kuartal IV-2017 ini terutama, kenaikan dari sisi penerimaan dan belanja akan berjalan secara bersama-sama," ucap Sri Mulyani.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia menurut pengeluaran pada triwulan III-2017 tumbuh mencapai 5,06 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) yang peningkatannya didorong oleh semua komponen.

Komponen terbesar yang mendukung pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2017 terutama adalah pertumbuhan ekspor sebesar 17,27 persen serta pembentukan modal tetap bruto atau investasi sebesar 7,11 persen.

BPS mencatat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2016 sebesar 5,01 persen (yoy), sedangkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2015 tercatat sebesar 4,77 persen (yoy).

BPS juga mencatat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2016 sebesar 4,94 persen (yoy), sedangkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2015 tercatat sebesar 5,17 persen (yoy). (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar