Jumat, 24 November 2017

2 hari tak pulang, seorang warga Tembagapura diculik KKB

Jumat, 10 November 2017 18:53

Ilustrasi. Foto: Elshinta.com Ilustrasi. Foto: Elshinta.com
Ayo berbagi!

Seorang warga bernama Martinus Beanal di Kampung Utikini, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, diculik oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) sejak dua hari lalu.

Demikian dikatakan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Mustofa Kamal, Jumat (10/11), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan.

Kamal menyebutkan, berdasarkan laporan yang diterima dari pihak keluarga bahwa saudara Martinus Beanal sudah tidak pulang ke rumah selama dua hari. Atas dasar laporan tersebut, Polda Papua saat ini terus melakukan penyelidikan tentang kebenaran informasi penculikan tersebut.

Lebih lanjut Kamal menjelaskan, terkait dengan beredarnya video penganiayaan terhadap warga sipil yang dilakukan oleh KKB, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH, menyayangkan tindakan kelompok bersenjata itu.

Polda Papua masih mendalami apakah korban penganiayaan adalah saudara Martinus Beanal.

Menurut Kamal, Satgas Terpadu Penanggulangan Gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Tembagapura, masih terus melakukan upaya persuasif untuk membebaskan ratusan warga yang disandera baik di sekitar Kampung Kimberly, Kampung Utikini maupun Kampung Banti tanpa menimbulkan korban jiwa dari masyarakat.

Ia mengaku bahwa warga yang dikuasai KKB ini telah meminta perlindungan kepada ketua suku, yakni warga masyarakat yang tergabung dari kampung longsoran sampai kampung Banti Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika. Sedangkan untuk bahan sembako sudah mulai menipis.

Kamal menyampaikan bahwa KKB diperkirakan memiliki sekitar 30 pucuk senjata api (senpi) yang merupakan hasil rampasan dari TNI dan Polri. Selain itu, KKB tersebut mempersenjatai diri dengan senjata tradisional seperti panah.

Kamal menambahkan, tindakan Kepolisian yang dilakukan saat ini adalah melakukan negosiasi dengan KKB agar warga sipil tidak menjadi korban melalui para tokoh yang ada di daerah tersebut.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar