Jumat, 24 November 2017

Pertemuan Pemimpin Tiongkok-AS Capai Kesepahaman Penting di Berbagai Bidang

Jumat, 10 November 2017 23:00

Ayo berbagi!

XINHUA: Atas undangan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Presiden AS Donald Trump mengadakan kunjungan kenegaraan di Tiongkok. Menurut penjelasan Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Zhen Zeguang, Presiden Xi Jinping dan Presiden Donald Trump selama dua hari ini telah secara terus terang dan mendalam bertukar pendpat mengenai hubungan Tiongkok-AS dan masalah-masalah internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama, mencapai kesepahaman penting di berbagai bidang mengenai pengembangan hubungan Tiongkok-AS pada era baru, dan pertemuan mencapai hasil penting dan bernas.

Zhen Zeguang menunjukkan, pemimpin kedua negara berpendapat, Tiongkok dan AS memiliki kepentingan bersama luas dan kewajiban penting dalam memelihara perdamaian, stabilitas dan kemakmuran dunia, ditekankannya arah perkembangan hubungan Tiongkok-AS mempunyai dampak global yang penting, dan hubungan Tiongkok-AS yang terus berkembang tak saja sesuai dengan kepentingan fundamental rakyat kedua negara dan juga merupakan harapan umum masyarakat internasional.

Kedua pihak akan mengembangkan lebih lanjut penyuluhan strategi diplomasi pemimpin terhadap hubungan Tiongkok-AS, meningkatkan kontak tingkat tinggi dan berbagai tingkat lainnya, mengembangkan kerja sama di bidang luas di atas dasar saling menguntungkan, mengontrol dengan baik perselisihan di atas dasar saling menghormati, meningkatkan saling pengertian dan persahabatan antara rakyat kedua negara, dan bekerja sama untuk menanggapi masalah internasional dan regional yang penting dan tantangan global,.

Kedua pihak berpendapat, empat mekanisme dialog tingkat tinggi antara lain diplomasi dan keamanan, ekonomi, sosial dan budaya komprehensif, penegakan hukum dan keamanan Cyber mempunyai arti penting bagi pengembangan pertukaran dan kerja sama kedua negara, dan setuju terus memanfaatkan sepenuhnya mekanisme dialog demi mencapai hasil yang lebih besar.

Presiden Xi Jinping menegaskan, hubungan ekonomi Tiongkok-AS mencakup bidang luas antara lain ekonomi makro, perdagangan, investasi dan kerja sama ekonomi internasional, dan hakikatnya adalah saling menguntungkan. Memelihara perkembangan kontinu dan stabil hubungan ekonomi Tiongkok-AS tak saja menyejahterakan rakyat kedua negara dan juga akan memberikan sumbangan sangat besar kepada pertumbuhan ekonomi dunia. Mengenai masalah dan kontradiksi yang muncul dalam perkembangan pesat hubungan ekonomi Tiongkok-AS, kedua pihak hendaknya dengan pemikiran antisipatif dan cara konstruktif menyelesaikannya demi mengembangkan kerja sama ekonomi Tiongkok-AS.

Pemimpin kedua negara menegaskan kembali akan mencurahkan tenaga dalam mendorong perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan Asia Pasifik, dan memutuskan untuk terus menjajaki prinsip pokok mengenai perbaikan interaksi kedua negara. Presiden Xi Jinping menegaskan kembali pendirian konsisten pihak Tiongkok pada masalah LTS. Pemimpin kedua negara menyatakan mendukung perdamaian dan stabilitas LTS dan menyelesaikan perselisihan secara damai melalui perundingan dan konsultasi bersahabat, dan mendukung mengontrol perselishan melalui dialog. Kedua pihak mendukung dipeliharanya kebebasan pelayaran dan penerbangan berbagai negara berdasarkan hukum internasional, dan setuju mengadakan lebih banyak dialog dan kerja sama di bidang pelestarian lingkungan laut.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar