Jumat, 24 November 2017

BMKG imbau nelayan waspada hujan angin kencang

Sabtu, 11 November 2017 12:44

Ilustrasi. Sumber Foto: http://bit.ly/2glUdXI Ilustrasi. Sumber Foto: http://bit.ly/2glUdXI
Ayo berbagi!

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi mengimbau para nelayan di pantai utara (Pantura) Cirebon, Jawa Barat, untuk mewaspadai jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang di laut.

"Kondisi hujan disertai angin kencang itu bisa menimbulkan gelombang yang tinggi namun bersifat sementara," kata Prakirawan Cuaca BMKG Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn saat di hubungi melalui telepon seluler, Sabtu (11/11).

Menurutnya dengan kondisi cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah terutama ketika hujan datang, maka khusus bagi nelayan terus waspada, agar tidak membahayakan.

Namun saat ini di perairan Pantura tinggi gelombang masih dikatakan normal yaitu dikisaran 0,2 sampai dengan 1,0 meter. "Tinggi gelombangnya normal," tuturnya.

Faa Iziyn mengatakan selama musim hujan ada potensi hujan lebat disertai angin kencang dan biasanya angin kencang itu terjadi, karena awan-awan hujan yang berwarna hitam keabu-abuan atau yang dikenal dengan awan Cumulonimbus.

Dengan adanya awan itu kata dia, bisa menjadikan gelombang berubah seketika dan itu membahayakan para nelayan yang melaut.

"Gelombang itu bisa berubah mencapai dua kali lipat dari yang normalnya," katanya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar