Sabtu, 25 November 2017

Xi Jinping Hadiri Pertemuan Informal APEC

Sabtu, 11 November 2017 22:30

Ayo berbagi!

Presiden Tiongkok Xi Jinping kemarin (10/11) menghadiri pertemuan informal APEC dan pertemuan dialog dengan para pemimpin negara-negara ASEAN di Da Nang, Vietnam.

Para pemimpin peserta pertemuan melakukan diskusi mengenai pembinaan kawasan Asia Pasifik yang saling tersambung dan integrasi serta kerja sama antara APEC dan ASEAN.

Xi Jinping dalam pidatonya menunjukkan, APEC adalah salah satu platform kerja sama ekonomi yang paling berpengaruh di kawasan Asia Pasifik. ASEAN merupakan organisasi integrasi yang paling dinamis dan potensial di Asia. Kedua mekanisme kerja sama tersebut menjalankan pedoman kerja sama yang mirip, sama-sama menaati prinsip musyawarah, pragmatis dan saling mempertimbangkan pihak lainnya. Kedua pihak mempunyai prospek kerja sama yang cerah.

Xi Jinping menekankan, Tiongkok dan negara-negara ASEAN tersambung gunung dan sungainya, merupakan mitra strategis yang saling percaya, saling memahami, saling menguntungkan dan saling membantu. Tiongkok dengan teguh mengembangkan hubungan kerja sama dengan ASEAN, dengan tegas mendukung pembangunan Masyarakat ASEAN, mendukung ASEAN berperan dominan dalam kerja sama regional. Tiongkok akan mendorong sinergi antara inisiatif One Belt One Road dengan strategi pembangunan ASEAN guna membina hubungan kemitraan strategis Tiongkok-ASEAN di level yang lebih tinggi dalam proses menuju pembinaan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-ASEAN, dalam rangka memberikan daya pendorong yang baru bagi perkembangan koordinatif dan kemakmuran bersama kawasan Asia Pasifik.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar