Sabtu, 25 November 2017

Xi Jinping Hadiri Pertemuan CEO APEC dan Sampaikan Pidato

Minggu, 12 November 2017 00:30

Ayo berbagi!

Presiden Tiongkok Xi Jinping menghadiri pertemuan CEO APEC di Da Nang, Vietnam dan menyampaikan pidato yang berjudul: Memanfaatkan Peluang Transformasi Ekonomi Dunia demi Perkembangan Lebih Besar Kawasan Asia Pasifik pada hari Jumat (10/1). Xi Jinping dalam pidatonya menekankan bahwa dunia tengah berada di proses perubahan historis, ekonomi dunia tengah mengalami perubahan yang lebih mendalam. Dunia harus menyesuaikan diri dengan situasi baru, berani memikul tanggung jawabnya dan bersama-sama membuka masa depan perkembangan dan kemakmuran Asia Pasifik.

Xi Jinping menunjukkan, jalan pembangunan tidak akan mencapai ujung titik akhir, melainkan selalu bertolak dari titik baru. Dunia tengah menghadapi perubahan mendalam, antara lain, daya pendorong pertumbuhan, pola pembangunan global, proses globalisasi ekonomi dan pemerintahan sistem ekonomi global. Asia Pasifik adalah salah satu bagian yang terbesar dalam perkembangan ekonomi dunia. Xi Jinping berharap masyarakat agar secara berani menghadapi perubahan mendalam yang dialami ekonomi dunia.

Pertama, terus membangun ekonomi terbuka dan berusaha mewujudkan target saling menguntungkan dan menang bersama. Kita harus berusaha membina kerangka kerja sama regional yang menyediakan konsultasi secara sama derajat, partisipasi yang luas dan manfaat universal, bersama-sama membangun ekonomi Asia Pasifik yang terbuka, mendorong liberalisasi dan fasilitasi perdagangan dan investasi.

Kedua, terus mengusahakan pertumbuhan inovatif dan menggali daya pendorong yang baru. Kita perlunya meningkatkan pemasokan pada inovasi, memperbarui pola pembangunan dan memupuk titik pertumbuhan ekonomi yang baru.

Ketiga, terus meningkatkan konektivitas demi mewujudkan perkembangan koordinatif. Kita hendaknya berusaha membangun jaringan konektivitas Asia Pasifik yang menyeluruh dan terpadu dengan dipimpin oleh cetak biru konektivitas APEC, agar dapat sepenuhnya memainkan peranan pendorong konektivitas terhadap ekonomi riil.

Keempat, terus meningkatkan inklusifitas perkembangan ekonomi agar masyarakat dapat berbagi hasil perkembangan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar