Sabtu, 25 November 2017

KPU Medan targetkan partisipasi pemilih di Pilgubsu capai 60 persen

Minggu, 12 November 2017 10:25

Istimewa. Foto: Amsal/Radio Elshinta Istimewa. Foto: Amsal/Radio Elshinta
Ayo berbagi!

Komisi Pemilihan Umum Kota Medan menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Utara mendatang diatas 60 persen.

"Untuk itulah tugas berat menanti para PPK dan PPS, selain mendata jumlah pemilih yang ada di daerahnya juga melakukan sosialisasi sehingga tingkat partisipasi pemilih bisa meningkat," kata  Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Medan, Herdensi kepada wartawan usai melantik PPK dan PPS di Aula Hotel Madani, Sabtu (11/11), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Amsal.

Adapun kedelapan kecamatan yang tingkat partisipasi masyarakat pemilihnya rendah yakni, Medan Amplas, Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Barat, Medan Maimoon, Medan marelan, Medan Petisah dan Medan baru.

Sehingga lanjut, Herdensi ini tentu menjadi perhatian khusus dari KPU Medan termasuk daerah lainnya yang sudah baik tingkat partisipasi pemilih agar lebih ditingkatkan.

Seiring dengan hal itu, bagi 105 PPK dan 453 PPS yang telah dilantik harus segera bekerja melakukan pemutakhiran data yang diawali dengan rekrumen Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP), Cooklit, penetapan DPS dan DPT.

Kita dalam hal ini KPU Medan, senantiasa selalu mengingatkan agar para PPK dan PPS agar segera melakukan kordinasi dengan Camat dan Lurah.

Sehingga pada hari H nantinya, tidak ditemui kendala saat pemetaan TPS dan pemutakhiran data.

Tentunya kedepan, KPU Medan bersama PPK dan PPS harus kerja keras dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Karena berdasarkan hasil evaluasi evaluasi Pileg dan Pilpres tahun 2014 dan Pilkada pada tahun 2015 lalu, tingkat partisipasi para pemilih hanya 25 persen lebih dan pada Pilgubsu nanti kita menargetkan 60 persen.

Adapun kendala yang segera dibenahi tentunya yang menjadi domain kPU Medan, Herdensi pun merinci beberapa permasalahan yang kedepan dipastikan tidak akan terjadi, seperti adanya surat C6 yang tidak dibagikan, lokasi TPS yang jauh dari rumah dan pemilih yang merupakan satu keluarga bisa memilih di TPS yang sama dan tidak berbeda.

Oleh karena itulah, pihak Komisioner KPU Medan dapat memastikan persoalan tadinya tidak terjadi pada Pilgubsu nantinya.

Sementara itu Wakil Walikota Medan, Akhyar dalam sambutannya agar para PPK dan PPS bekerja secara profesional dan independen dalam melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sehingga penyelenggaraan Pilgubsu nantinya, khususnya di kota Medan berjalan aman dan lancar tanpa adanya kendala.

Senada dengan itu, Ketua Panwaslu Kota Medan Hendri Sitinjak menegaskan suatu keberhasilan dalam suatu pelaksanaan tentunya harus dibarengi dengan saling kordinasi yang baik.

Ia yakin bahwa pelaksanaan Pilgubsu bisa berjalan lancar dan sukses dengan tingkat partisipasi pemilih masyarakat kota Medan mencapai 60 persen.

Hadir dalam acara tersebut, Kasat Intelkan Polretabes Medan, AKBP Manasah Sembiring, Pasi Intel Kodim 0201/BS, Kapten Kav Prima, dan Kaban Kesbangpol Linmas Pemko Medan, Cheko Wakhda Ritonga.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar