Sabtu, 25 November 2017

Satgas Saber Pungli ungkap 1.316 kasus pungli

Minggu, 12 November 2017 12:17

Ilustrasi. Sumber Foto: http://bit.ly/2zA8LKP Ilustrasi. Sumber Foto: http://bit.ly/2zA8LKP
Ayo berbagi!

Kepala Satgas Saber Pungli Komjen Pol Dwi Priyatno mengatakan pihaknya telah melakukan sebanyak 1.316 operasi tangkap tangan atas berbagai kasus pungutan liar di seluruh Indonesia.

"Itu di seluruh Indonesia, selama kurang lebih setahun sejak Saber Pungli dibentuk," kata Komjen Dwi Priyatno di Jakarta, Minggu (12/11).

Menurut Dwi, kasus-kasus tersebut banyak ditemukan di daerah dibandingkan di pusat. "Banyak di bidang pendidikan, penegakan hukum, perizinan, kepegawaian," katanya.

Dari ribuan OTT kasus pungli tersebut, sebanyak 300 kasus telah divonis pengadilan. "Yang lainnya masih lidik (penyelidikan), sidik (penyidikan), P19 (berkas belum lengkap), penuntutan," katanya.

Untuk menekan terjadinya kasus pungli, pihaknya terus menyosialisasikan pemberantasan praktik pungli kepada masyarakat. Pihaknya berharap dengan sosialisasi pemberantasan pungli secara rutin, masyarakat berani untuk menolak adanya pungli serta mau melapor ke polisi bila mengetahui adanya praktik pungli di lingkungan mereka.

Pemerintah pun saat ini gencar menerapkan sistem daring dalam pelayanan publik yang diantaranya e-tilang, e-samsat dan e-paspor untuk menekan praktik pungli dalam pelayanan masyarakat. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar