Jumat, 24 November 2017

Walikota Gold Coast Australia Disoroti Terkait Perusahaan China

Minggu, 12 November 2017 14:40

Ayo berbagi!

Walikota Gold Coast, Australia, Tom Tate menerima tiket penerbangan internasional serta akomodasi dari sebuah perusahaan developer yang terkait dengan pembangunam gedung bertingkat senilai $1,3 miliar (sekitar Rp13 triliun) di Surfers Paradise.

Pada bulan September lalu, Program Four Corners di ABC mengungkap bahwa Walikota Tom Tate melakukan perjalanan ke Beijing, dimana dia memberikan sambutan saat peluncuran pembangunan menara mewah bertingkat 88 yang dibangun oleh perusahaan asal China, Forise Holdings.

Saat itu, kantor Walikota menjelaskan kunjungannya itu bersifat "pribadi".

Perusahaan Forise di Gold Coast diwakili oleh Tony Hickey, rekan Walikota Tate. Perusahaan milik Hickey bernama Hickey Management bekerja sama dengan "pemimpin bisnis terkemuka di Beijing, Hong Kong, Jerman, Swiss dan Australia".

Website perusahaan tersebut menjelaskan bahwa Hickey telah menjadi "koneksi Australia bagi sekelompok investor terpilih dari luar negeri", dan Hickey Management "saat ini mengelola portofolio proyek senilai lebih dari $ 1 miliar".

Pada bulan September, laporan Four Corners menyebutkan telah menanyai kantor Walikota Tate apakah ada orang, perusahaan atau organisasi yang mendanai perjalanan sang walikota ke China.

"Mengenai perjalanan pribadi saya ke China, sifatnya pribadi," demikian jawaban kantor walikota.

Namun setelah laporan ABC ini mengungkapkan bahwa walikota memberikan sambutan pada peluncuran proyek Forise Holdings di Beijing, Walikota Tate telah mengubah laporan daftar resminya dengan memasukkan hadiah dari Hickey Management berupa "penerbangan PP dan akomodasi ke China".

Tom Tate stands in front of a banner featuring his photo and name.
Walikota Gold Coast Tom Tate memberi sambutan pada peluncuran proyek di Beijing yang dia sebut sebagai perjalanan pribadi.

Supplied

Meskipun hadiah itu dilaporkan dalam kolom registrasi "hadiah lebih dari $ 500", namun tidak disebutkan jumlah pasti tiket PP dan akomodasi tersebut. Registrasi hadiah yang diterima pejabat ini tidak mengharuskan perincian.

Ditanya mengenai perubahan laporan dalam registrasi itu, kantor Walikota menjawab "no comment".

Anak Hickey, Jordan, diketahui tercatat sebagai direktur Hickey Management bersama ayahnya.

Laporan media di China mengenai peluncuran proyek Forise Holdings itu menyebutkan Jordan Hickey juga hadir bersama Walikota Tate dan perwakilan perusahaan real estate Australia.

Menara Surfers Paradise setinggi 285 meter yang disebut "Spirit" itu, akan menampung 470 unit apartemen mewah saat dibuka pada 2020.

Laporan mengatakan unit penthouse di gedung itu akan dilepas dengan harga sekitar $ 30 juta (sekitar Rp 300 miliar).

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar