Jumat, 24 November 2017

Xi Jinping Temui Moon Jae-in

Senin, 13 November 2017 00:00

Ayo berbagi!

Presiden Tiongkok Xi Jinping kemarin (11/11) di Da Nang, Vietnam menemui Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in.

Xi Jinping menunjukkan, Pihak Tiongkok mementingkan hubungannya dengan Korsel, bersedia bersama dengan pihak Korsel untuk mendorong hubungan kedua negara berkembang secara sehat dan stabil.

Xi Jinping menegaskan, kedua pihak perlu menghormati kepentingan inti dan keprihatinan utama antara satu sama lain, memelihara saling percaya politik, meningkatkan kontak dan koordinasi. Xi Jinping menegaskan kembali pendirian pihak Tiongkok dalam masalah "THAAD". Ia mengatakan kedua pihak seharusnya mengambil sikap yang bertanggung jawab atas sejarah, bertanggung jawab atas hubungan kedua negara dan bertanggung jawab atas rakyat kedua negara dalam masalah yang menyangkut kepentingan, mengambil kebijakan yang mampu mengalami ujian sejarah, menjamin sepenuhnya hubungan kedua negara berkembang ke arah yang tepat.

Sementara itu, Moon Jae-in menyatakan harapannya agar kedua pihak berupaya bersama, dengan secepatnya memulihkan kontak lapisan tinggi serta pertukaran dan kerja sama di berbagai bidang. Pihak Korsel mendukung dan bersedia aktif berpartisipasi dalam pembangunan "satu sabuk satu jalan". Pihak Korsel mementingkan keprihatinan pihak Tiongkok dalam masalah "THAAD", tidak bermaksud merugikan kepentingan keamanan strategis Tiongkok.

Kedua kepala negara juga bertukar pendapat mengenai situasi Semenanjung Korea.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar