Sabtu, 25 November 2017

Li Keqiang:Tiongkok Usulkan Penyusunan Perspektif Tahun 2030 Hubungan Kemitraan Strategis Tiongkok-ASEAN

Senin, 13 November 2017 22:00

Ayo berbagi!

Pertemuan Pemimpin Tiongkok-ASEAN ke-20 sore hari ini (11/13) digelar di Pusat Konvensi Internasional Filipina. Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menghadiri pertemuan dan menyampaikan pidato.

Li Keqiang menyatakan, dalam banyak hubungan kemitraan dialog ASEAN, hubungan Tiongkok-ASEAN adalah paling dinamis dan berisi. Ini merupakan kesepahaman negara-negara ASEAN. Tiongkok paling awal bergangung dalam Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama Asia Tenggara, paling awal membentuk hubungan kemitraan strategis dengan ASEAN dan juga paling awal bersama dengan ASEAN mencanangkan proses perundingan Zona Perdagangan Bebas. Kedua pihak dengan sungguh-sungguh menguasai arah besar bertetangga baik dan bersahabat , melalui dialog dan konsultasi menangani dengan baik masalah-masalah sentitif yang menjadi persengketaan agar hubungan kedua pihak selalu maju menuju arah yang tepat.

Li Keqiang menekankan, dengan meneropong masa depan, Tiongkok bersedia bersama dengan negara-negara ASEAN mengikuti arus zaman perdamaian dan pembangunan, dengan mengumpulkan kecerdasan dan kekuatan rakyat sejumlah 2 miliar jiwa di kawasannya untuk mendorong hubungan kedua pihak ke jenjang yang baru. Pihak Tiongkok mengusulkan penyusunan Perspektif Tahun 2030, dan meningkatkan kerangka kerja sama 2+7 menjadi "3 +X" dalam rangka membentuk kerangka baru kerja sama yang dengan keamanan politik, ekonomi dan dagang serta pertukaran sosial budaya sebagai intinya dengan dukungan kerja sama di berbagai bidang, menambah lebih banyak isi ke dalam kerja sama Tiongkok-ASEAN dan membentuk telandan baru kerja sama Selatan-Selatan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar