Sabtu, 25 November 2017

Kesiapan transformasi digital tentukan tingkat kelangsungan hidup bisnis

Rabu, 15 November 2017 19:45

Foto: elshinta.com Foto: elshinta.com
Ayo berbagi!

Perkembangan teknologi menjadi pemicu perubahan pola hidup, baik dalam hal konsumsi maupun proses produksi barang dan jasa. Transformasi digital merupakan bagian terbaru dalam proses perkembangan tersebut. Dalam konteks itulah berlangsungnya Digital Summit yang diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh telkomtelstra, hari Rabu (15/11) di Jakarta. 

Inovasi teknologi merupakan salah satu sarana dalam melakukan perubahan proses-proses kerja khususnya, sebagaimana ditemui dalam dunia bisnis sebagai contohnya. Dalam kata sambutannya, Chief Financial Officer telkomtelstra, Ernest Hutagalung mengambil contoh sejumlah perusahaan terbesar di AS dalam hal kapitalisasi pasar yang di tahun 2006 saja hanya terdapat satu perusahaan teknologi, dan situasi itu masih tidak jauh beda di 2011. Namun inovasi teknologi, khususnya dalam hal revolusi digital telah merubah total profil tersebut sehingga lima besar perusahaan di AS semuanya berkutat di bidang teknologi yaitu Apple, Alphabet (induknya Google), Microsoft, Facebook dan Amazon. 

Selain itu teknologi digital telah menjadi sarana menciptakan peluang-peluang bisnis dengan modal yang relatif kecil. Pertumbuhannya juga berlangsung dengan sangat pesat. Hal ini terjadi di Australia sebagai contohnya, sebagaimana dijelaskan oleh Chief Operating Officer telkomtelstra David Gee. "Sebuah studi belum lama ini di Australia menunjukkan bahwa satu dari tiga usaha kecil dan menengah belum berdiri empat tahun sebelumnya. Kini satu dari tiga usaha tersebut hanya berjualan di Facebook," katanya. 

Dengan perubahan seperti itu,  jangkauan dari suatu bisnis, apapun yang dijualnya menjadi global, dengan hanya terkoneksi melalui komputer atau perangkat mobile. Kini, penjual tidak lagi mendikte komunikasi dengan pembeli; sebaliknya pembeli yang menjadi penentu cara berinteraksi dengan penjual. 

"Transformasi digital meskipun teknologi memainkan peran yang besar di dalamnya, akan tetapi semuanya bermulai dengan proses. Jika anda mengambil sebuah proses analog yang sama dan mendigitalisasikannya, maka anda hanya sekedar memindahkan semua persoalan yang ditemui di ranah analog ke ranah digital. Perjalanan menuju digitalisasi sesungguhnya adalah dengan melihat ulang semua cara kerja secara mendasar dan menemukan praktek yang terbaik." kata Gee. 

Dalam mendigitalisasi sebuah proses, setiap organisasi harus kembali ke awal dan menentukan setiap halangan atau proses administrasi yang tidak perlu, sehingga dapat merubah cara bisnis itu berjalan secara fundamental. 

David mengambil contoh transformasi di salah satu induk perusahaannya, yaitu di Telstra. Sebelumnya perusahaan telekomunikasi asal Australia itu memiliki lebih 100 cara berkomunikasi dengan pelanggannya untuk hal seperti pemasangan telpon atau layanan TV kabel. Dengan mengevaluasi ulang berbagai cara menghubungi pelanggan tersebut, Telstra kemudian merubahnya sehingga apabila terjadi jadwal pemasangan yang harus berubah, maka sistem notifikasi baru akan menyampaikan informasi itu secara terintegrasi sehingga pelanggan mengetahui perkembangan terakhir. 

"Jika kita sekedar mendigitalisasi proses lama tersebut, maka tidak akan ada pengalaman pelanggan yang lebih baik. Hal ini menempatkan pelanggan di pusat semua yang kita lakukan," ujar David. 

Dalam Digital Summit yang diadakan di bilangan Kuningan, Jaksel ini, pihak penyelenggara menghadirkan sejumlah pembicara yang telah melakukan perjalanan transformasi digitalnya sendiri, antara lain Asuransi Central Asia serta Bank Tabungan Pensiunan Nasional.

Diketahui telkomtelstra memiliki lebih dari 100 klien dan mengelola lebih dari 22 ribu titik di seluruh Indonesia. Solusi yang disediakan antara lain adalah integrated service management, software services, cloud managed services dan end-to-end managed network services. telkomtelstra adalah perusahaan patungan antara PT. Telkom Indonesia dengan Telstra dari Australia.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-Ma

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar