Selasa, 12 Desember 2017

Pemerintah genjot infrastruktur Papua Barat

Senin, 04 Desember 2017 21:34

Ayo berbagi!

Pemerintah pusat akan menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayah Papua Barat pada 2018 termasuk jaringan irigasi untuk mendukung peningkatan produksi pertanian.

Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat Elroy Koyari di Manokwari, Senin, mengatakan, sepanjang tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo sejumlah bendungan dibangun di Kabupaten Manokwari dan Sorong.

"Ini untuk mendukung ketahanan pangan terutama produksi beras di Manokwari dan Sorong," kata Elroy.

Dia mengutarakan, bangunan utama bendungan Sungai Wariori, Manokwari, telah selesai. Berikutnya, pembangunan akan diarahkan pada saluran menuju sawah-sawah petani.

Menurutnya, kapasitas air di sungai Wariori cukup besar. Pembangunan ini diperkirakan bisa mengairi lebih dari 3.000 hektare sawah di sekitar sungai tersebut.

Dia menyebutkan, pembangunan bendungan, baik di Manokwari maupun Sorong masih tahap pengerjaan, dan 2018 pembangunan akan digenjot.

"DIPA infrastruktur Papua Barat sudah diajukan. Tinggal tunggu putusan pusat berapa yang akan disetujui dan turun ke daerah," ujarnya lagi.

Pihaknya berharap, jumlah anggaran untuk Papua Barat meningkat dari tahun sebelumnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M Basoeki Hadimoeljono dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Papua Barat pada upacara hari Bhakti PUPR di Manokwari, Senin, mengatakan, 2018 perupakan tahun politik.

Di sisi lain, kata dia, 2018 merupakan penentu kinerja kabinet kerja. Menteri mengimbau seluruh balai dan satuan kerja di bawah koordinasi Kementerian PUPR bekerja maksimal, menuntaskan seluruh target pembangunan di wilayah masing-masing.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar