Senin, 22 Januari 2018

Bea Cukai Kudus amankan satu juta batang rokok ilegal

Senin, 04 Desember 2017 22:53

Foto : Sutini. Foto : Sutini.
Ayo berbagi!

Kantor Bea Cukai Kudus Jawa Tengah menggagalkan pengiriman rokok tanpa pita Cukai atau ilegal yang akan dijual ke luar daerah. Dengan jumlah mencapai hampir satu juta batang. Dimana penangkapan dilakukan di wilayah Kudus tepatnya dijalur Pantura Kudus - Demak terhadap sebuah truck bernopol AB 8251 AC yang berasal dari kabupaten Jepara.

Kepala Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) tipe Madya Cukai Kudus, Iman Prayitno mengatakan jika dini hari tadi, pihaknya berhasil menggagalkan pengiriman rokok ilegal yang diangkut menggunakan sebuah truck bernopol AB 8251 AC dari arah Jepara yang dicegah di jalur Pantura Kudus -Demak. Dimana di dalam truk tersebut, ditemukan sebanyak 96.0000 batang rokok sigaret Kretek mesin (SKM) yang tanpa dilekati pita Cukai. Dengan total kerugian negara mencapai 300 juta rupiah.

 "Tim inteldak kami mendapatkan informasi akan adanya pengiriman rokok menggunakan sebuah truck dengan ciri-ciri tertentu. Sehingga dilakukan pengejaran yang kemudian dicegat dijalur Pantura Kudus tepatnya dijalan R Agil Kusumadya Kudus", ujarnya, Senin (4/12) seperti dilaporkan Kontributor elshinta, Sutini.

Dalam penangkapan tersebut, pihaknya hanya dapat mengamankan sopir dan kernet beserta barang bukti rokok di dalam truk. "Saat ini masih kami mintai keterangan. Jadi belum dapat diketahui pemiliknya", ucap Iman.

Dikatakan Iman, untuk sopir berinisial N (29) dan kernet berinisial R (21), masih diamankan di kantor Bea Cukai Kudus untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Sebab selama ini pihaknya kesulitan untuk melacak pemilik rokok, karena sistem yang diterapkan oleh para pelaku yakni sel terputus.

Sementara itu, selama tahun 2017 ini ada sebanyak 72 kasus yang ditangani oleh pihak Bea Cukai Kudus namun hanya satu kasus yang dapat masuk dalam tahap penyidikan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar