Selasa, 12 Desember 2017

Pemohon SIM di Purwakarta harus miliki sertifikat kompetensi

Selasa, 05 Desember 2017 13:08

Sertifikat kompetensi SIM. Foto: Tita Sopandi/Radio Elshinta. Sertifikat kompetensi SIM. Foto: Tita Sopandi/Radio Elshinta.
Ayo berbagi!

Para pemohon SIM di Polres Purwakarta Jawa Barat, harus disertai dengan Sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh penyelenggara jasa kompetensi mengemudi yang telah direkomendasi oleh pihak Polisi. Sertifikat kompetensi ini diperuntukkan bagi pemohon SIM C dan SIM A.

PT Sinar Pajajaran merupakan perusahaan penyelenggara jasa kompetensi mengemudi yang berlokasi di Jl Raya Industri yang telah direkomendasi oleh Polres Purwakarta mengeluarkan sertifikat untuk proses permohonan pembuatan SIM.

Salah satu petugas PT Sinar Pajajaran Dwi Prasetyo mengungkapkan, bahwa perusahaannya telah direkomendasi mengeluarkan sertifikat pembuatan SIM dan ini telah berlangsung sejak dua bulan lalu.

"Perusahaa satu hari sedikitnya dapat mengeluarkan sekitar 10 sertifikat bagi pemohon SIM di Polres Purwakarta, dengan biaya sekitar Rp500 ribu bagi sertifikat kompetensi pemohon SIM C, dan Rp600 ribu bagi pemohon SIM A," kata Dwi kepada Kontributor elshinta, Tita Sopandi. 

Menurutnya meskipun pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil sudah bisa dan juga memperpanjang SIM yang dimilikinya, apabila akan melakukan pembuatan SIM, mereka tetap harus memiliki sertifikat kompetensi, yang dikeluarkan dari penyelenggara jasa kompetensi mengemudi.

Sementara Sertifikat kompetensi sangat mudah dikeluarkan bagi mereka yang sudah bisa, dengan dikeluarkannya yang tidak terlalu memakan waktu lama, bahkan bisa dalam waktu satu hari selesai.

Sementara untuk pemohon SIM dengan mengikuti uji kompetensi di perusahaan penyelenggara jasa mengemudi lebih bagus dibanding dengan pengujian di pihak kepolisian. "Alasannya, pengujian di pihak kepolisian tidak tepat dan tidak jelas, karena tidak disertai sertifikat," ujar Dwi.

PT Sinar Pajajaran selain direkomendasi oleh Polres Purwakarta untuk mengeluarkan sertifikat terhadap pemohon SIM yang datang langsung ke PT Sinar Pajajaran, juga pihaknya direkomendasi untuk mendatangi ke tempat tempat umum dan juga ke sekolah-sekolah untuk pembuatan sertifikat yang merupakan salah satu syarat untuk proses pembuatan SIM.

Sementara salah satu warga Cipaisan yaitu Faiz, dirinya sangat mengeluh dengan mahalnya biiaya pembuatan SIM di Polres Purwakarta, dimana untuk membuat SIM C anaknya terpaksa diurungkan, dengan harus disertai sertifikat yang biayanya sekitar 500 ribu ditambah untuk pembuatan SIM nya sekitar 350 ribu, sehingga total 850 ribu.

"Lebih baik ditunda dulu sampai nanti harga pembuatan SIM itu turun, meskipun banyak tilang dirinya tetap akan menunggu hingga biaya pembuatan SIM tersebut turun kembali," ujar Faiz.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar