Jumat, 15 Desember 2017

Ini Waktu yang Tepat untuk Memiliki Kartu Kredit

Rabu, 06 Desember 2017 16:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/ini-waktu-yang-tepat-untuk-memiliki-kartu-kredit courtesy https://www.cermati.com/artikel/ini-waktu-yang-tepat-untuk-memiliki-kartu-kredit
Ayo berbagi!

Saat ini kartu kredit sudah bukan lagi barang yang tergolong kebutuhan tambahan. Seiring berjalannya waktu, kartu kredit sudah menjadi kebutuhan utama di era millennial ini. Terbukti dari jumlah pengguna kartu kredit di Indonesia sudah mencapai sekitar 16 juta orang.

Dengan berbagai fasilitas dan layanan yang ditawarkan, keberadaan kartu kredit sudah menjadi sudah menjadi pilihan. Bahkan untuk memiliki kartu kredit pun sekarang ini semakin mudah. Semuanya, bisa dilakukan secara online.

Namun sejumlah keraguan sepertinya tidak lepas dari sebagian orang, bertanya-tanya kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk memiliki kartu kredit. Coba periksa terlebih dahulu apakah saat ini merupakan waktu yang tepat atau belum bagi Anda untuk mengajukan kartu kredit.

Berikut tanda bahwa Anda sudah selayaknya memegang kartu kredit, diantaranya:

 

1. Kesiapan Finansial

Financial
Pastikan keuangan Anda siap sebelum berniat punya kartu kredit

Sebelum mengajukan kartu kredit, sebaiknya pahami lebih dulu kemampuan finansial Anda. Pastikan bahwa saat ini Anda sudah layak untuk memiliki kartu kredit bila memang secara keuangan sudah mampu.

Dikatakan siap secara finansial tentunya apabila Anda sudah memiliki penghasilan yang diterima secara rutin. Dengan demikian, Anda masuk dalam kategori calon nasabah yang bankable (memenuhi persyaratan bank).

2. Punya Pekerjaan Tetap

Pekerjaan
Ilustrasi pekerja

Nah, untuk bisa memiliki kesiapan finansial, tentunya Anda harus mempunyai penghasilan yang didapat dari pekerjaan Anda. Biasanya bukti bahwa Anda memiliki pekerjaan tetap.

Kalaupun sebagai pengusaha, biasanya disertakan bukti yang menunjukkan bahwa Anda memiliki sebuah bisnis. Sehingga Anda memang memiliki penghasilan yang diperoleh dari usaha yang dirintis, dan layak memiliki kartu kredit.

Baca Juga: ‘Karyawan Fresh Graduate’ Juga Perlu Punya Kartu Kredit, Kenapa?

3. Suka Transaksi yang Praktis

Transaksi Kartu Kredit
Nikmati transaksi yang mudah dan praktis dengan kartu kredit

Apakah Anda termasuk orang yang tidak suka membawa-bawa uang tunai? Lebih suka dengan hal yang praktis dan membayar segala sesuatunya atau bertransaksi secara cashless?

Jika memang Anda lebih menyukai hal-hal yang praktis termasuk dalam bertransaksi atau pembayaran, ada baiknya Anda memanfaatkan kemudahan dari fasilitas yang dimiliki kartu kredit.

4. Sering ke Luar Negeri

Travelling
Ilustrasi travelling ke Paris

Apakah Anda juga sering melakukan perjalanan ke luar negeri? Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memiliki kartu kredit ketika di negeri orang.

Bila Anda memang kerap bepergian ke luar negeri, sebaiknya milikilah kartu kredit untuk semakin memudahkan transaksi di manapun Anda berapa. Dan tidak ada lagi cerita kehilangan momen memperoleh sesuatu hanya karena tak mengantongi kartu kredit.

5. Gaya Hidup

Pesan Hotel
Kemudahan memesan hotel hanya dengan kartu kredit

Gaya hidup tertentu bisa menjadi penentu bahwa sudah saatnya Anda memiliki kartu kredit. Sebagai contoh, bila Anda suka berbelanja karena memiliki bujet yang lebih dari penghasilan yang disisihkan. Atau Anda lebih suka jalan-jalan, maupun hanya sekedar hangout di kafe.

Bila itu yang terjadi, maka sudah waktunya Anda memiliki kartu kredit, karena banyak sekali fitur promo yang ditawarkan sesuai dengan gaya hidup Anda. Jika And suka travelling, biasanya kartu kredit memberikan promo pemesanan tiket untuk maskapai tertentu, juga pesan penginapan. Atau, menikmati diskon untuk menu-menu di restoran.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling

6. Keuangan Stabil

Keuangan Stabil
Pastikan keuangan Anda stabil terlebih dulu

Kondisi keuangan yang stabil juga bisa menjadi indikator bahwa Ana sudah pantas memiliki kartu kredit. Dengan keuangan yang stabil, maka bisa menjadi penentu besaran limit atau batas nilai kartu kredit Anda nantinya.

Biasanya, limit yang diberikan pihak bank adalah 30% dari total pendapatan Anda, supaya pembayaran kartu kredit di kemudian hari tetap berjalan lancar.

Secara umum jenis kartu kredit terbagi atas Silver, Gold, dan Platinum. Jenis kartu kredit tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi ekonomi Anda supaya pemakaiannya tidak melebihi kemampuan finansial Anda.

7. Jumlah Utang Tidak Lebih dari 30%

Bebas Utang
Pastikan Anda tidak punya banyak utang

Salah satu tanda yang pas buat Anda memiliki kartu kredit adalah jumlah utang yang sudah dimiliki tidak lebih dari 30% dari penghasilan. Contoh, bisa Anda memiliki tanggunga kredit rumah (KPR) atau kredit mobil, maupun kredit uang, sebaiknya jumlah totalnya tidak melebihi persentase tersebut.

Jika total utang atau kredit yang Anda miliki lebih dari 30%, maka keuangan menjadi tidak sehat. Dan bila dipaksakan juga memiliki kartu kredit, dikhawatirkan justru akan menimbulkan masalah finansial di kemudian hari.

Ajukan dan Manfaat Fasilitas Kartu Kredit

Apabila Anda telah merasa siap untuk memiliki kartu kredit, ada baiknya untuk mencoba mengajukan kartu kredit guna menunjang berbagai aktivitas Anda. Namun tetap saja, perhatikan dengan baik kondisi keuangan Anda sebelum mengajukan kartu kredit, sehingga saat kartu kredit telah berada di tangan Anda, pemakaiannya menjadi lebih terkontrol dan sesuai dengan pendapatan dan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Bisa Hapus Utang! Jangan Remehkan Pentingnya Asuransi Kartu Kredit

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar