Senin, 18 Desember 2017

Hakim nyatakan akan tetap gelar praperadilan Novanto

Kamis, 07 Desember 2017 15:54

Sumber foto: http://bit.ly/2i24C8b Sumber foto: http://bit.ly/2i24C8b
Ayo berbagi!

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melalui Hakim Tunggal Kusno menyatakan bahwa sidang praperadilan Setya Novanto tetap dilangsungkan meskipun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas perkara Novanto ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Hakim Kusno mengacu pada Pasal 82 ayat (1) huruf d KUHAP yang menyebutkan "dalam hal suatu perkara sudah mulai diperiksa oleh Pengadilan Negeri sedangkan pemeriksaan mengenai permintaan kepada praperadilan belum selesai maka permintaan tersebut gugur".

"Kan perkara sudah dilimpahkan. Untuk itu, kami garis pendiriannya tetap Pasal 82 huruf d KUHAP, baru gugur setelah pemerikasaan pokok perkara dimulai. Kapan pemeriksaan pokok perkara? Sejak hakim yang menyidangkan pokok perkara "ketok palu" membuka sidang perkara," kata Kusno di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/12).

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melalui Hakim Tunggal Kusno pada Kamis menggelar sidang perdana praperadilan Setya Novanto dengan agenda pembacaan permohonan praperadilan dari pihak pemohon.

Ia pun menyatakan sidang lanjutan praperadilan Novanto akan dilanjutkan pada Jumat (8/12) dengan agenda jawaban dari pihak KPK dan juga pengajuan bukti dari kedua belah pihak.

"Pasal 82 huruf d kalau dikaitkan dengan putusan MK, kalau memang sudah diajukan, agar kita tidak terjadi perdebatan di belakang hari kalau memang sudah ditentukan kapan hari sidang, kapan pelimpahan, besok kalau perlu diajukan bukti itu. Jelas itu ya, gugatan praperadilan gugur setelah perkara pokoknya mulai diperiksa, setuju ya," kata Kusno.

Ia pun mengingatkan kepada kedua belah pihak agar tidak harus membawa semua bukti surat yang akan diajukan tersebut.

"Tidak harus semua bukti pokok diajukan. Yang penting sudah dua alat bukti yang cukup. Jangan praperadilan dikasih bukti "dua meter", kapan selesai? Orang tujuh hari, besok bawa bukti surat," ucap Kusno. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar