Selasa, 12 Desember 2017

Banjir bandang di Gunung Purei mulai surut

Jumat, 08 Desember 2017 10:00

Sumber foto: http://bit.ly/2ADMqMD Sumber foto: http://bit.ly/2ADMqMD
Ayo berbagi!

Banjir bandang yang merendam ratusan rumah warga di tujuh desa pada Kecamatan Gunung Purei Kabupaten Barito Utara akibat meluapnya Sungai Teweh anak Sungai Barito sejak Kamis (7/12) sore, kini mulai surut.

"Banjir mulai surut sejak Jumat pagi sekitar pukul 04.00 WIB," kata Sekretaris Kecamatan Gunung Purei, Winardi Aspirin di Lampeong I Kecamatan Gunung Purei, dihubungi dari Muara Teweh, Jumat (8/12) pagi.

Menurut Winardi, banjir yang sempat merendam ratusan rumah di tujuh desa itu berada di dataran rendah antara lain Desa Lampeong I, Lampeong II, Lawarang, Muara Mea, Linon Besi I, Linon Besi II dan Desa Tanjung Harapan sekitar 2-4 meter kini sudah kering.

Meski sejumlah desa sudah kering, namun banjir masih merendam Desa Lampeong II seberang yang merupakan desa terparah diterjang banjir, kini ketinggian banjir hanya sekitar satu meter.

"Banjir di Desa Lampeong II diperkirakan siang nanti sudah kering," kata.

Dia mengatakan banjir bandang ini memang biasanya tidak lama atau paling lama sekitar delapan jam dan cepat surutnya.

Warga yang rumahnya terendam banjir sempat mengungsi ketempat yang tinggi atau keluarga yang rumahnya tidak terendam banjir kini sudah kembali untuk membersihkan rumahnya.

"Dalam banjir ini tidak ada korban jiwa, sedangkan kerugian harta benda lainnya masih belum diketahui," ujar Winardi.

Banjir bandang di Kecamatan Gunung Purei yang merupakan kecamatan paling pedalaman di Kabupaten Barito Utara dan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur ini akan berdampak pada desa-desa di Kecamatan Teweh Timur yang berada di hilir. Sehingga banjir kiriman ini sejak Kamis malam hingga Jumat pagi ini sudah merendam sejumlah desa di Kecamatan Teweh Timur dengan ketinggian sekitar 1-3 meter. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar