Jumat, 19 Januari 2018

Nilai tukar rupiah Jumat sore menguat Rp13.528

Jumat, 08 Desember 2017 19:15

Ayo berbagi!

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat sore bergerak menguat sebesar 26 poin menjadi Rp13.528 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.554 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Penguatan rupiah pada hari ini (8/12) diproyeksikan bersifat jangka pendek mengingat pelaku pasar cenderung fokus pada data ekonomi Amerika Serikat," ujar Analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong di Jakarta, Jumat (8/12).

Pada akhir pekan ini, ia mengemukakan bahwa Amerika Serikat akan merilis data upah non-pertanian (Non Farm Payroll/NPF), serta mencermati kongres Amerika Serikat yang akan meloloskan rencana anggaran untuk mendanai pemerintahan agar terhindar dari penutupan (shutdown).

Selain itu, lanjut dia, pelaku pasar uang juga sedang mencermati kelanjutan proses reformasi pajak Amerika Serikat dan pertemuan The Fed pada pekan depan mengenai kebijakan suku bnga acuannya.

"Faktor dari AS masih mendominasi, mulai dri NFP hingga pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC)," paparnya.

Sementara itu, Research Analyst FXTM, Lukman Otunuga mengatakan bahwa keyakinan konsumen Indonesia yang terus meningkat menjadi pertanda membaiknya stabilitas ekonomi di Indonesia sehingga menjaga nilai aset-aset di dalam negeri dalam jangka menengah dan panjang.

Kendati demikian, lanjut dia, ruang penguatan bagi dolar AS masih terbuka menyusul senat Amerika Serikat menyetujui untuk mengadakan diskusi dengan DPR mengenai RUU reformasi pajak, kondisi itu mengurangi kegelisahan investor mengenai potensi rintangan dan komplikasi.

"Optimisme kebijakan reformasi pajak AS mungkin dapat disetujui sebelum tenggat tanggal 22 Desember, itu akan memperkuat kurs dolar AS," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Jumat (8/12) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp13.556 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.552 per dolar AS.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar