Jumat, 23 Februari 2018

Quote Orang Sukses Ini Bisa Membuat Hidup 2018 Lebih Baik

Minggu, 31 Desember 2017 19:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/quote-orang-sukses-ini-bisa-membuat-hidup-2018-lebih-baik courtesy https://www.cermati.com/artikel/quote-orang-sukses-ini-bisa-membuat-hidup-2018-lebih-baik
Ayo berbagi!

Happy New Year to You!

Waktu berjalan dengan cepat, berputar dari detik menuju ke hitungan jam lalu berganti menjadi hari, hari berlalu menjadi hitungan bulan, dan akhirnya setahun terlewati sudah.

Apa yang sudah berlalu tidak bisa diulang kembali. Yang bisa dilakukan kini adalah bersyukur atas semua yang telah terjadi pada 2017 dan mempersiapkan diri dengan baik menyambut 2018.

Mari sambut tahun baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kualitas hidup yang lebih baik dari tahun lalu dan meraih hal yang Anda cita-citakan. Awali tahun Anda dengan hal yang positif, baik dan memotivasi diri Anda. Apapun situasi yang Anda hadapi saat ini, terus bersemangat dan percaya bahwa 2018 akan menjadi tahun yang membawa perubahan baik untuk Anda dan keluarga.

Biar makin semangat, berikut 8 quote inspirasi hidup pilihan Cermati.com yang bisa dijadikan tambahan motivasi hidup Anda dalam menjalani tahun 2018. 

Baca Juga: 15 Kata-kata Bijak Presiden Indonesia

1. Tidak Ada Kata Terlambat

Terkadang Anda dihadapkan pada situasi di mana terbesit keraguan dalam mewujudkan semua impian-impian yang ada. Pernahkan Anda merasa ragu, tidak yakin atau kurang percaya diri dengan kemampuan Anda untuk mewujudkan impian yang telah lama terpendam?

Sebagai gambaran, Anda memiliki impian untuk lulus kuliah tepat waktu dan cepat mendapat pekerjaan? Impian memiliki bisnis sendiri? Impian menunaikan ibadah umrah/haji atau keliling dunia?Impian menikah dan memiliki rumah sendiri? Dan banyak lagi impian-impian lainnya.

Namun, apa daya, semua itu hanya sebatas mimpi yang tidak tahu kapan akan terealisasikan. Salah satu penyebabnya mungkin karena Anda merasa kurang mampu atau tidak percaya diri dengan berbagai alasan yang Anda ciptaan sendiri secara sadar maupun tidak. Misalnya, alasan tidak punya modal usaha dan usia sudah tidak muda lagi untuk merintis bisnis sendiri, atau tidak pandai menabung/investasi karena gaji pas-pasan dan lain sebagainya.

Lakukan Ini: Tidak ada kata terlambat! Belajarlah menilai diri dan kemampuan yang Anda miliki secara positif. Quote dari Les Brown sangatlah tepat, ia mengajarkan Anda untuk percaya diri dan memiliki semangat dalam menetapkan tujuan yang telah Anda buat maupun cita-cita baru. Ingat apapun impian Anda, tulislah dan bersemangatlah untuk mewujudkannya, jangan lupa singkirkan pikiran-pikiran negatif yang hanya menghambat upaya menuju kesuksesan.

 

2. Lakukan yang Terbaik Setiap Hari

Setelah Anda mengetahui apa saja tujuan dan impian yang ingin dicapai, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan cara untuk mewujudkannya. Cara seperti apa yang harus dilakukan agar berhasil? Apa dan bagaimana? Quote dari pemimpin Nasionalis Tiongkok Chiang Kai Shek membantu memberikan jawabannya, yakni lakukan yang terbaik yang bisa dilakukan untuk hidup Anda saat ini, sebab kesuksesan dalam mewujudkan impian dan tujuan hidup Anda berawal dari langkah kecil maupun keputusan-keputusan kecil yang Anda ambil setiap harinya.

Lakukan Ini: Buatlah setiap hari menjadi hal yang memiliki arti bagi Anda. Upayakan Anda melakukan yang terbaik untuk setiap kegiatan mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur. Nikmati setiap proses dan usaha saat ini, dan jangan lupa belajar bersyukur dalam segala situasi. Aksi nyata yang bisa dilakukan adalah membuat catatan kegiatan yang ingin Anda lakukan, mencatat hal baru yang ingin Anda pelajari dan merealisasikannya.

3. Ingin Kaya, Miliki Visi yang Kuat

Tenyata menjadi kaya ala Robert Kiyosaki itu bisa dimulai dari hal sederhana yakni mengetahui dengan jelas apa visi hidup dan mengembangkannya. Robert Kiyosaki yang kini dikenal sebagai seorang investor, businessman, motivator dan penulis buku keuangan yang sukses ini menegaskan visi adalah apa yang Anda lihat di dalam pikiran dan berorientasi ke masa depan. Kiyosaki mengajarkan salah satu kualitas hidup yang bisa membuat Anda kaya adalah memiliki visi jangka panjang dan rencana yang terukur.

Lakukan Ini: Segera tentukan dengan jelas apa visi hidup Anda? Lalu setelah mengetahuinya, buatlah rencana keuangan yang dapat membantu Anda mewujudkan visi tersebut. Misalnya, visi untuk membangun usaha start-up sendiri, kendala modal bisa diatasi dengan mengajukan pinjaman modal yang tepat seperti Kredit Tanpa Agunan maupun Kredit Multiguna. Atau, Anda memiliki visi hidup sukses tanpa utang, maka mulailah untuk mencari penghasilan tambahan, penerapan gaya hidup sederhana, hingga mulai untuk investasi.

Baca Juga: 15 Kata-kata Motivasi di Pagi Hari

4. Atur Keuangan Lebih Baik

Tahun baru bisa menjadi awal baik untuk mengelola keuangan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Perencanaan keuangan itu perlu dilakukan dan hal ini akan membuat Anda menjadi sadar apakah sudah bisa mengelola uang dengan baik atau sebaliknya?

Jujurlah dengan kondisi keuangan yang Anda miliki saat ini, apakah Anda suka stres atau heran kenapa gaji cepat habis? Atau utang dan cicilan menumpuk gara-gara gaya hidup konsumtif? Atau belum punya tabungan maupun investasi?Jika Anda masih suka penasaran kemana semua larinya uang yang Anda miliki, maka sudah waktunya berbenah dan tekadkan untuk memiliki keuangan yang sehat di tahun 2018 nanti.

Lakukan Ini:  Cek keuangan pribadi, lakukan dengan jujur dan biasakan untuk membuat perencanaan keuangan mingguan atau bulanan. Aksi nyata sederhana yang bisa segera dilakukan adalah membuat catatan untuk semua pengeluaran yang dilakukan. Lalu, catat pula pemasukan yang Anda dapatkan.

Anda juga bisa menerapkan pembagian berupa pos keuangan, semisal 50:30:10:10. Artinya, alokasikan 50% gaji untuk membiayai kebutuhan pokok dan hidup. Lalu, 30% untuk membayar cicilan, dan 10% untuk tabungan, 10% lainnya untuk investasi. Selain itu, gunakan kartu kredit dengan bijak, maksimalkan penggunaan kartu kredit Anda. Jangan lupa, pantau semua pengeluaran bulanan dari kartu kredit. Dari sini saja, Anda sudah membuat sebuah langkah maju menuju keuangan lebih baik.

5. Disiplin itu Kunci Sukses

Ingin sukses tapi tidak mau komitmen untuk disiplin? Well, jangan berharap sukses akan menghampiri Anda. Motivator Amerika yang berhasil sukes menjadi miliader di usianya ke-31 tahun, Jim Rohn, membeberkan salah satu kunci sukses ialah menciptakan kebiasaan baik dan disiplin melakukannya. Jim Rohn telah membuktikannya, meski terlahir dari keluarga petani sederhana, ia bisa menjadi seorang yang kaya dan sukses berkat usaha dan disiplin.   

Dalam salah satu bukunya berjudul A Dollar and Some Ambition, ia mengungkapkan bahwa pada dasarnya manusia memiliki dua pilihan dalam hidupnya. Pilihan pertama yaitu melakukan sedikit dari kapasitas yang dimiliki, sedikit membaca dan berpikir, sedikit mencoba dan disiplin, tentu semua pilihan yang serba ‘sedikit’ ini akan menghasilkan ‘sedikit’.

Lalu, pilihan kedua adalah melakukan semuanya semaksimal mungkin dengan tingkat disipilin yang tinggi guna mendapatkan hasil yang maksimal. Sepertihalnya, membaca, berpikir dan bekerja segiat mungkin, dan hasilnya akan mendapatkan yang maksimal. Intinya, dalam hidup ini Anda memiliki pilihan tersebut, pertanyaannya, mau ambil yang mana?

Lakukan Ini: Cipatakan kebiasaan positif yang akan membuat hidup Anda menjadi lebih baik. Misalnya, tidur lebih awal, bangun lebih pagi, perbanyak membaca buku, melakukan olah raga hingga perbanyak asupan makanan sehat. Cobalah untuk melakukannya kebiasaan tersebut selama 21 hari, lakukan dengan tekad disiplin yang baik, lalu lihatlah hasilnya.  

6. Lakukan dan Percayai Kemampuan Anda

 

Cintai pekerjaanmu dan percayalah bahwa kamu bisa menyelesaikannya.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cermati Indonesia (@cermati) pada

Apabila tahun-tahun sebelumnya, Anda merasa belum membuat kemajuan yang signifikan dalam hidup, semisal kemajuan dalam urusan karir, asmara dan keluarga, maka tahun 2018 ini bisa menjadi awal yang baik untuk Anda mulai mengambil langkah pasti nan sederhana untuk berubah. Tak perlu merasa berkecil hati dengan kesuksesan orang lain, waktunya untuk membangun kesuksesan Anda sendiri.

Penulis buku Book of the World’s Worst Decision, David Frost, menegaskan salah satu cara mempercepat jalan kesuksesan Anda adalah dengan cara melakukan apa yang disukai, mencintai hal tersebut dan mempercayai hal dilakukan akan menghantarkan Anda menuju kesuksesan dengan sendirinya. 

Lakukan Ini: Temukan minat dan bakat Anda, asah dan terus kembangkan kemampuan Anda, lalu lakukan upaya lebih, berikan yang terbaik dan percayai Anda bisa sukses. Sebagai contoh, Anda memiliki passion dalam hal desain dan fotografi, hal yang bisa dilakukan adalah terus pelajari dan tingkatkan kemampuan di bidang ini, pajang karya-karya Anda di sosial media, jadilah aktif dalam menjemput peluang sukses Anda.

7. Berlatih Berpikir Positif

 

Jaga pikiran untuk tetap selalu positif agar segala sesuatunya bisa kita raih dengan mudah.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cermati Indonesia (@cermati) pada

Tahukah Anda bahwa pikiran yang Anda miliki memiliki peranan penting dalam kesuksesan hidup Anda. Motivator sukses Robert Kiyosaki pun mengakui bahwa pikiran merupakan aset yang paling hebat, yang sudah seharusnya dilatih dengan baik agar Anda bisa meraih apapun yang Anda inginkan. Senantiasa berprasangka baik, berpikir positif dan mempercayai apapun yang terjadi dalam hidup Anda pasti ada solusi yang akan membuat hidup Anda menjadi lebih damai dan bahagia.

Lakukan Ini: Latih pikiran Anda untuk senantiasa berpikir dan berbicara positif. Hal ini dipercayai bisa membuat hidup Anda menjadi lebih bahagia dan sukses. Cara sederhana ialah bisa dengan memiliki buku catatan khusus untuk mencatat kata-kata positif yang memotivasi diri maupun menuliskan hal yang Anda syukuri setiap hari.

Misalnya, luangkan waktu 3-5 menit di pagi hari untuk menuangkan kalimat positive untuk diri Anda dan tuliskan pula hal yang Anda syukuri hari ini. Ucapkan kalimat ini kepada diri Anda sendiri setelah Anda menuliskannya. Sebagai gambaran, Anda menuliskan kalimat "Saya bisa mendapatkan promosi di kantor tahun ini, saya bersyukur dengan kesehatan saya dan keluarga, dan lain sebagainya." Alih-alih mengatakan ucapan kalimat baik akan melatih pemikiran Anda untuk lebih positif, bersyukur, membangun rasa percaya diri dan merangsang semangat diri untuk berupaya melakukan lebih.  

8. Introspeksi Diri Membuat Hidup Lebih Baik

Selamat bagi Anda yang telah berhasil meraih sukses di tahun 2017. Rayakan keberhasilan yang telah Anda raih, namun jangan terlalu terlena. Orang terkaya di dunia Bill Gates berhasil membangun sukses dalam hidupnya berkat pelajaran dari kegagalan yang pernah dialaminya. Apabila Anda sukses, rayakanlah, namun, semisal Anda belum berhasil, jangan berputus asa, selalu ambil pelajaran dari kegagalan Anda dan segera bangkit kembali. Ingat, kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda!

Lakukan Ini: Secara berlaka Anda bisa melakukan introspeksi diri dan menanyakan diri sendiri dengan jujur atas pencapaian upaya yang telah dilakukan untuk tujuan meraih yang lebih baik lagi. Tanyakan kepada diri Anda apakah saja faktor kesuksesan dan kegagalan yang sudah Anda alami selama setahun ini?  Apa yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih baik lagi di 2018? Luangkan waktu sejenak untuk melakukan refleksi pencapaian-pencapaian maupun kegagalan yang telah didapatkan sebelum merancang resolusi tahun baru.

Berubah Mulai dari Diri Anda Sendiri

Semua kebaikan dan kesuksesan yang ingin Anda raih di tahun 2018 itu bisa Anda capai. Kunci suksesnya ada pada diri Anda sendiri. Sejauh mana Anda berani untuk mengambil langkah berubah yakni berubah menjadi pribadi yang lebih baik, bekerja dengan lebih baik, berpikir untuk lebih maju, lebih sehat, lebih sejahtera, lebih bahagia, keuangan lebih baik, bebas dari hutang, dan lain sebagainya. Yuk bersemangat dan selalu update pengetahuan keuangan bersama Cermati.com. Selamat Tahun Baru teman Cermat!

Baca Juga: Kata-Kata Inspiratif dari 7 Orang Sukses yang Pernah Gagal

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar