Senin, 23 April 2018

Menlu: Tingkatkan hubungan India-ASEAN melalui konektivitas

Sabtu, 06 Januari 2018 11:46

Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj. Sumber Foto:  http://bit.ly/2AAMv0c Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj. Sumber Foto: http://bit.ly/2AAMv0c
Ayo berbagi!

Menteri Luar Negeri (Menlu) India Sushma Swaraj mengatakan hubungan strategis India dan ASEAN dapat ditingkatkan melalui tiga aspek yakni perdagangan, konektivitas dan kebudayaan.

"Kita membicarakan tentang keamanan maritim, investasi, kebebasan, pendidikan dan warisan budaya yang merupakan aspek-aspek yang penting dalam hubungan kami di Asia Tenggara dalam meningkatkan hubungan strategis dengan ASEAN melalui 3C (commerce, connectivity, culture) yakni, perdagangan, konektivitas dan kebudayaan," katanya saat memberikan kata sambutan dalam Pertemuan ke-5 Jaringan Lembaga Pemikir ASEAN-India di Jakarta, Sabtu (6/1).

Sebagai negara maritim, India dan ASEAN bekerja sama dalam membangun arsitektur kawasan yang lebih baik dengan visi saling berbagi keamanan dan kemakmuran.

Sushma menuturkan kerja sama India-ASEAN mendorong terciptanya keamanan dan pertumbuhan di semua wilayah di kawasan tersebut untuk mempromosikan kemajuan ekonomi yang berkelanjutan dan menjamin lingkungan yang stabil dan aman.

Menurutnya, peningkatan konektivitas menjadi hal penting untuk menghubungkan antarwilayah secara lebih baik sehingga mendorong kemajuan ekonomi bersama di kawasan itu.

"Saya menantikan gagasan baru untuk mengidentifikasi bahwa baik India maupun ASEAN dapat bekerja sama untuk membawa kemajuan dan kemakmuran ke wilayah kita," ujarnya.

Sushma mendorong lebih banyak dialog antara pelaku bisnis dan perdagangan ASEAN dan India dan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan hubungan dan investasi bilateral.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan ASEAN dalam membangun konektivitas," tuturnya.

Dia menuturkan India dan ASEAN dapat membangun konektivitas digital dan fisik, meningkatkan kapabilitas perminyakan dan berbagi informasi untuk meningkatkan kesadaran maritim. Untuk itu, integrasi yang mendalam antar wilayah merupakan aspek yang penting dalam mendorong kebijakan aktif, tuturnya.

Untuk meningkatkan konektivitas fisik dan digital, dia mengajak para ilmuwan, akademisi dan lembaga pemikir di kedua wilayah tersebut untuk membuka gagasan baru untuk integrasi yang lebih besar antara Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan India dan mengidentifikasi peluang kolaborasi di bidang investasi, perdagangan dan jasa.

Selain itu, dia juga mendorong kolaborasi yang lebih baik antar institusi pendidikan sebagaimana sektor pendidikan juga berkontribusi pada masa depan tiap negara.

Dia mengundang semua pihak untuk membahas modalitas untuk membentuk kerjasama antaruniversitas di antara negara-negara ASEAN.

Dia juga mendorong peningkatan kerja sama di bidang maritim, pendidikan, perdagangan dan kebudayaan.

"Kami menantikan partisipasi aktif negara-negara ASEAN," ucapnya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar