Jumat, 27 April 2018

Ke Bandara Pilih Mana, Kereta Bandara, Bus Damri, atau Transportasi Online?

Senin, 08 Januari 2018 22:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/ke-bandara-pilih-mana-kereta-bandara-bus-damri-atau-transportasi-online courtesy https://www.cermati.com/artikel/ke-bandara-pilih-mana-kereta-bandara-bus-damri-atau-transportasi-online
Ayo berbagi!

Sekarang kita punya moda transportasi baru untuk menuju bandara. Ya, namanya kereta bandara atau Skytrain. Kereta ini nantinya dapat mengantarkan Anda langsung ke bandar udara internasional Soekarno Hatta, Jakarta dari stasiun keberangkatan. Beroperasinya kereta khusus bandara di ibukota ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Januari 2018 kemarin.

Dengan hadirnya kereta bandara ini, tentunya akan memudahkan Anda yang ingin bepergian dengan pesawat untuk sampai ke bandara. Selain itu, pilihan transportasi umum menuju bandara pun semakin beragam, tidak melulu Bus Damri, taksi atau transportasi online yang baru dalam kurun waktu tiga tahun terakhir menjadi transportasi idaman masyarakat Jakarta.

Jenis transportasi ini juga dinilai sangat efisien, selain bebas macet. Kereta bandara juga terintegrasi dengan commuter line dan Transjakarta di stasiun keberangkatannya. Setelah peresmiannya, lalu muncul pertanyaan, apakah Kereta Bandara akan bersahabat dengan kantong atau malah membuatnya bolong. Untuk itu, mari simak hitung-hitungan tarif moda transportasi pengantar jemput bandara berikut.

Kereta Bandara

kereta bandarakereta bandara via tirto.id

Mari mulai dengan moda transportasi paling anyar. Untuk menikmati transportasi ini, PT. Kereta Api Indonesia menetapkan harga tiket untuk sekali perjalanan adalah sebesar Rp70.000. sebelumnya pada masa uji coba 26 Desember 2017, harga tiketnya hanya sebesar Rp30.000. Kereta Bandara

Rute: dalam operasinya, ada 5 stasiun yang dilalui oleh Kereta Bandara, antara lain:

  • Stasiun Soekarno Hatta
  • Stasiun Sudirman Baru (BNI City)
  • Stasiun Manggarai
  • Stasiun Duri
  • Stasiun Batu Ceper

Namun untuk saat ini, rute yang beroperasi baru Soekarno Hatta – Sudirman Baru (BNI City) dan Soekarno Hatta - Batu Ceper. Stasiun lain masih dalam tahap pembangunan.

Jam operasi: dari arah bandara dan ke arah bandara memiliki waktu operasi yang berbeda. Waktu operasi ini dihitung dari kereta pertama dan terakhir yang beroperasi di hari itu. Penjabarannya adalah sebagai berikut.

  • Soekarno Hatta – Sudirman Baru (BNI City) = 04.40 - 00.40 WIB
  • Sudirman Baru  (BNI City) – Soekarno Hatta = 03.21- 22-51 WIB

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Baru yang Wajib Masuk “List” Destinasi Favorit para Backpacker Traveller

Transportasi Online

grab cartaksi online menjadi salah satu pilihan transportasi ke badnara via paultan.org

Transportasi online, khususnya taksi online memang menjadi pilihan banyak masyarakat untuk menuju dan kembali setelah terbang dengan burung besi di peraduannya. Jenis moda transportasi ini dinilai praktis karena bisa dipesan kapan saja dan di mana saja, serta tarifnya yang ramah. Namun apakah taksi online lebih murah dibandingkan Kereta Bandara dan transportasi lainnya. Mari simak perhitungannya sebagai berikut.

Ambil contoh untuk perjalanan Soekarno Hatta ke Stasiun Sudirman dengan jarak 33 Km agar sama dengan jarak tempuh dengan Kereta Bandara. Grabcar mengenakan tarif sebesar Rp99.000, sedangkan Go-Car Rp107.000. Tarif ini tentunya lebih mahal ketimbang dengan Kereta Bandara.

Memang kereta bandara sangat ekonomis bagi masyarakat yang kediamannya tidak terlalu jauh dengan stasiun. Namun di sisi lain taksi online bisa mengantar kita langsung ke tujuan tanpa harus naik kendaraan umum lagi. Hal inilah yang menjadi nilai tambah baginya. Jadi tergantung tujuan Anda mau ke mana.

Baca Juga: Inilah Tarif Baru Taksi Online di Indonesia, Mana yang Murah?

Bus Damri

bus damri bandarabus damri yang beroperasi di bandara via beritasatu.com

Sebelum adanya Kereta Bandara dan ramainya penggunaan taksi online, Bus Damri sudah lebih dahulu melayani transportasi bagi orang-orang yang malang-melintang bandara. Tarif yang dikenakan yaitu Rp40.000 untuk perjalanan dari Soekarno Hatta ke Jakarta. Selain ke Jakarta, Damri juga terseddia untuk ke wilayah sekitar Jakarta, seperti Bekasi, Bogor, Tangerang, Karawang, Cibitung, Cilegon, dan Purwakarta. Untuk wilayah di luar Jakarta ini tarifnya lebih besar, yaitu di kisaran Rp40.000-75.000.

Rute:

  • Soekarno Hatta–Stasiun Gambir
  • Soekarno Hatta-Terminal Blok M
  • Soekarno Hatta-Rawamangun
  • Soekarno Hatta-Pulo Gebang
  • Soekarno Hatta-Kampung Rambutan
  • Soekarno Hatta-Lebak Bulus
  • Soekarno Hatta-Kemayoran
  • Soekarno Hatta-Mangga Dua
  • Soekarno Hatta-Pasar Minggu
  • Soekarno Hatta-Tanjung Priuk
  • Soekarno Hatta-Pramuka City
  • Soekarno Hatta-Thamrin City

Sesuaikan dengan Daerah Tujuan

Merujuk pada penjabaran di atas, Kereta Bandara lebih murah dari taksi online, tetapi lebih mahal daripada Bus Damri. Namun harus tahu juga plus dan minusnya. Maksudnya, apakah daerah tujuan lebih dekat dengan stasiun kereta, terminal, atau jauh dari keduanya. Kalau jauh dari terminal atau stasiun kereta bandara, taksi online pilihannya agar tidak ada biaya tambahan untuk naik angkutan lain.

Sedangkan bagi Anda yang tinggal dekat stasiun kereta bandara, namun memilih Damri karena lebih murah, perhitungkan juga ongkos ke terminal terdekat dan waktu tempuh. Ini karena Kereta Bandara sudah jelas lebih cepat dibanding transportasi lainnya. Namun juga harus ada harga yang dibayar akan semua itu.

 

Cermat dalam Memilih Transportasi Murah

Sebelum berangkat ke bandara atau pulang dari bandara, hitung-hitung terlebih dahulu ongkos yang akan dihabiskan  jangan hanya melihat dari ongkos pokok moda transportasi yang dipilih, tapi perhitungkan juga perintilannya, seperti ongkos angkot, ojek, atau transportasi pendukung lainnya hingga Anda sampai di rumah.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Biaya Transportasi

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar