Jumat, 27 April 2018

Pimpinan ingatkan legislator ikut pilkada segera mundur

Selasa, 09 Januari 2018 21:07

Taufik Kurniawan. Foto: Redaksi/Elshinta.com. Taufik Kurniawan. Foto: Redaksi/Elshinta.com.
Ayo berbagi!

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengingatkan anggota DPR yang ikut Pilkada 2018 harus segera mengundurkan diri dari jabatannya di DPR karena mengikuti Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami mengimbau agar secepat mungkin mengajukan surat pengunduran diri, jangan sampai kelupaan," kata Taufik di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (9/1).

Dia menjelaskan hingga hari ini belum ada anggota DPR yang mengajukan pengunduran diri terkait pencalonan di Pilkada serentak 2018 sehingga dirinya meyakininya prosesnya akan segera dilakukan.

Menurut dia, kalau pengunduran diri itu tidak segera dilakukan maka ketika verifikasi di KPU Daerah dilakukan, akan gugur dalam pencalonannya.

"Karena harus mundur, nanti kalau sudah masuk verifikasi lalu belum ada surat pengunduran diri nanti malah digugurkan, sama seperti juga PNS, TNI, dan Polri harus mundur," ujarnya.

Karena itu Taufik mengingatkan agar anggota DPR yang maju dalam kontestasi Pilkada segera mengajukan surat pengunduran diri, jangan sampai lupa.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang menyebutkan, bagi anggota DPR, DPD dan DPRD, wajib menyatakan secara tertulis pengunduran diri sejak ditetapkan sebagai pasangan calon.

Anggota DPR yang rencananya akan maju dalam Pilkada serentak 2018 antara lain anggota Fraksi Demokrat Benny Kabur Harman di Pilkada NTT, anggota Fraksi PDI Perjuangan TB. Hasanuddin yang maju di Pilkada Jawa Barat.

Selain itu Ketua Fraksi Partai NasDem Viktor Bungtilu Laiskodat di Pilkada NTT, anggota Fraksi PKB Lukman Edy di Pilkada Riau, anggota Fraksi PKB Ida Fauziah yang maju di Pilkada Jawa Tengah, anggota Fraksi PKS Sutriyono di Pilkada Kota Bekasi, dan anggota Fraksi PKS Zulkieflimansyah di Pilkada NTB. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar