Senin, 22 Januari 2018

Menkes pastikan eliminasi difteri sebelum Asian Games

Rabu, 10 Januari 2018 20:06

Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Sumber foto: http://bit.ly/2CZtFVK Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Sumber foto: http://bit.ly/2CZtFVK
Ayo berbagi!

Menteri Kesehatan Nila Moeloek memastikan pemerintah akan mengeliminasi penyakit difteri satu bulan sebelum pelaksanaan ajang olahraga Asian Games 2018 dimulai.

"Iya. Saya kira jelas, kita sudah meng-cover. Insya Allah," kata Menteri Nila di Jakarta, Rabu (10/1).

Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk mengeliminasi penyakit difteri dan penyakit menular lainnya di Jakarta dan Palembang sebelum pelaksanaan Asian Games guna mencegah penularan penyakit ke warga negara lain.

Menkes menekankan Kementerian Kesehatan sudah melaksanakan imunisasi difteri ulang atau "Outbreak Response Immunization" (ORI) di setiap daerah yang terjadi kasus difteri.

Selain itu imunisasi ulang juga kembali digencarkan di sekolah-sekolah yang mana menjadi 75 persen target ORI difteri.

"Sebenarnya ORI dilakukan di setiap daerah yang ditemukan kasus difteri. Ada satu kasus langsung disergap. Di setiap kecamatan sudah dilakukan," kata Nila.

Dia menambahkan, kasus difteri di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat juga sudah menurun secara drastis.

Data Kementerian Kesehatan sepanjang Januari 2018 tercatat 11 kasus difteri di empat provinsi dan tanpa ada kasus kematian. Jumlah kasus difteri baru pun menurun dari 20 kasus per hari pada November 2018 menjadi di bawah lima kasus di Januari 2018.

Kejadian Luar Biasa difteri sepanjang 2017 tercatat sebanyak 948 kasus terjadi di 170 kabupaten-kota pada 30 provinsi dengan jumlah 44 kasus kematian.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar