Kamis, 18 Januari 2018

Penyakit yang Rentan Dialami Karyawan Kantoran dan Cara Mencegahnya

Kamis, 11 Januari 2018 14:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/penyakit-yang-rentan-dialami-karyawan-kantoran-dan-cara-mencegahnya courtesy https://www.cermati.com/artikel/penyakit-yang-rentan-dialami-karyawan-kantoran-dan-cara-mencegahnya
Ayo berbagi!

Tingginya tingkat kesibukan di kantor menyebabkan sebagian karyawan harus menghabiskan waktunya dengan duduk sepanjang hari. Berbagai pekerjaan dan tugas lainnya harus dikerjakan di depan komputer sehingga hampir sepanjang jam kantor karyawan harus duduk dan menyelesaikan pekerjaannya.

Hal ini mungkin saja bukan masalah lagi bagi mereka. Sebab telah terbiasa menjalaninya selama berbulan-bulan atau bahkan tahunan. Padahal, jika ditilik lebih lanjut, sejumlah penyakit justru bisa saja menyerang akibat rutinitas tersebut.

Bekerja dalam posisi duduk selama berjam-jam memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya sekadar penyakit ringan, berbagai penyakit serius juga bisa saja datang menghampiri.

Pada awalnya, berbagai keluhan kesehatan ini mungkin akan sering diabaikan hingga pada akhirnya telah terasa biasa dan bukan menjadi hal yang patut ditindaklanjuti. Sementara di sisi lain, berbagai keluhan yang pada awalnya ringan saja bisa memburuk dan menjadi penyakit serius yang merugikan diri sendiri.

Baca Juga: Gejala Demam Berdarah (DBD), Penyebab Penyakit DBD, Pertolongan Pertama, dan Pengobatannya

Kenali Jenis Penyakitnya agar Bisa Segera Diatasi dengan Tepat

Gejala Penyakit Karyawan
Antisipasi Lebih Cepat dengan Mengenali Gejalanya

Ada banyak jenis penyakit yang kerap menyambangi pegawai kantoran. Mulai dari berbagai keluhan ringan hingga yang terbilang serius sekalipun. Sangat penting untuk mengenali berbagai jenis penyakit ini sejak awal agar kelak bisa diatasi dengan tepat.

Bagaimana pun juga mengatasi penyakit sejak awal tentu akan jauh lebih baik daripada membiarkannya semakin buruk, bukan? Simak beberapa jenis penyakit berikut ini yang sering dialami pegawai kantoran.

1. Penurunan Kemampuan Otak

Asupan oksigen akan sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja kemampuan otak dalam berpikir. Hal ini sangat penting untuk dicermati dengan baik karena jika asupan oksigen kurang, kemampuan otak juga akan ikut menurun dan menjadi tidak optimal.

Pada kenyataannya, karyawan yang bekerja dan duduk selama berjam-jam di meja kerjanya akan mengalami kekurangan asupan oksigen ke otak. Asupan oksigen ini akan diterima otak ketika yang bersangkutan melakukan aktivitas fisik (berjalan atau berdiri). Jika hanya duduk seharian, oksigen tidak bisa disampaikan dalam jumlah yang cukup, bukan?

2. Obesitas

Duduk selama berjam-jam dan hanya melakukan gerakan yang minim akan membuat pembakaran energi dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan menumpuknya lemak pada bagian tubuh tertentu sehingga risiko menjadi gemuk akan lebih besar.

Orang yang bekerja dan hanya menghabiskan waktu tanpa melakukan banyak aktivitas dan gerak tubuh selama waktu yang panjang bisa memiliki risiko obesitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang aktif bergerak.

3. Penyakit Jantung

Bagi orang yang selalu bekerja dalam posisi duduk yang lama setiap harinya, risiko menderita penyakit jantung juga menjadi lebih besar. Rutinitas duduk seperti ini akan memperlambat proses peredaran darah dalam tubuh sehingga mengakibatkan kurangnya kemampuan otot dalam membakar lemak.

Jika lemak dalam tubuh tidak dibakar secara maksimal, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada jantung. Kondisi seperti ini akan menjadi semakin buruk kalau terjadi dalam kurun waktu yang berkesinambungan dan hal ini sangat mungkin dapat menimbulkan beragam penyakit kardiovaskular lainnya.

4. Diabetes

Gula darah yang tinggi adalah masalah yang kerap terjadi tanpa disadari. Hal ini juga bisa datang menyambangi para karyawan yang menghabiskan waktu berjam-jam dalam posisi duduk dan bekerja. Dalam praktiknya, tubuh akan sangat membutuhkan insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Sementara kebiasaan duduk dalam waktu yang panjang akan mengurangi kemampuan hormon insulin ini. Jika glukosa tidak diproses dengan baik dalam tubuh, glukosa akan tetap berada di dalam darah. Glukosa yang tidak dapat diubah menjadi energi ini akan berisiko menimbulkan diabetes.

5. Degenerasi Otot dan Kerusakan Saraf

Dalam kondisi bekerja dan duduk selama berjam-jam, karyawan hanya akan melakukan gerak tubuh yang terbatas sehingga otot perut dan pinggangnya tidak bisa bekerja dan bergerak dengan optimal. Jika hal seperti ini berlangsung dalam kurun waktu yang panjang, otot perut dan pinggang akan melemah dan tidak lagi lentur sebagaimana mestinya.

Hal ini dapat membuat otot menjadi kaku, nyeri, dan berbagai keluhan lainnya. Jika dibiarkan dalam waktu yang panjang, kondisi ini bisa saja merusak saraf dan pergerakan otot tersebut.

6. Kanker

Para karyawan yang duduk terlalu lama ketika bekerja akan memiliki risiko yang besar terhadap kanker. Dalam kondisi kerja yang seperti ini, pankreas akan bekerja dengan tidak teratur dan membuat produksi insulin menjadi meningkat lebih tajam.

Hal ini bukan hanya berdampak pada penurunan kinerja tubuh, tapi bisa juga mengakibatkan tumbuhnya sel di luar kendali yang pada akhirnya bisa menimbulkan tumor pada bagian tubuh.

Minimnya gerakan fisik yang dilakukan selama bekerja akan membuat penyerapan dan kinerja antioksidan dalam tubuh menjadi berkurang. Hal ini dapat memicu pertumbuhan kanker dalam tubuh, bahkan dalam beberapa jenis sekaligus.

7. Kolesterol tinggi

Ada banyak hal yang akan memengaruhi tingkat kolesterol dalam tubuh, terutama berbagai asupan makanan yang dikonsumsi. Namun, tubuh juga dapat mengalami masalah kolesterol akibat terganggunya metabolisme tubuh selama bekerja.

Pada umumnya, gangguan ini bisa dirasakan mereka yang duduk dan bekerja dalam waktu yang panjang setiap harinya di mana kadar kolesterol meningkat akibat kurangnya gerak tubuh selama bekerja.

Berbagai penyakit di atas merupakan masalah yang cukup serius. Jika dibiarkan terjadi, bisa saja hal ini berakibat fatal bagi kesehatan. Sangat penting untuk melakukan pencegahan sejak awal agar tubuh tetap sehat dan bisa prima sepanjang waktu,meskipun bekerja dalam kantor seharian.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Ginjal, Mulai dari Gejala, Penyebab, Pengobatan daan Pencegahannya

Tips Sehat bagi Karyawan Kantoran yang Sering Duduk

Olahraga di Kantor
Sesekali Lakukan Olahraga di Kantor agar Terhindar dari Penyakit

Ada banyak risiko penyakit yang dapat timbul akibat kurangnya aktivitas fisik selama bekerja. Hal ini bahkan bisa saja semakin memburuk bagi karyawan yang bekerja dengan posisi duduk dalam kurun waktu yang panjang (tahunan).

Jika tidak diatasi dengan baik, bukan tidak mungkin berbagai penyakit ini justru datang tanpa disadari dan terdeteksi setelah memasuki fase yang cukup berat (serius). Penting untuk mengatasi hal ini dengan baik sejak awal supaya seluruh bagian tubuh tetap sehat dan bisa bekerja dengan maksimal sebagaimana mestinya.

Simak beberapa tips sehat berikut ini yang dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit akibat duduk terlalu lama.

1. Bergerak secara Berkala

Duduk dalam kurun waktu yang lama akan membuat otot menjadi kaku. Hindari hal ini dengan cara melakukan gerak tubuh secara berkala meskipun dalam kondisi duduk. Menggerakkan kaki dan tangan selama beberapa menit untuk sekadar melonggarkan otot yang tegang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Hal ini juga bisa dilakukan pada bagian leher, bahu, dan pinggang. Lakukan kegiatan ini secara berkala supaya tubuh tidak terlalu lelah dan kaku karena selalu dalam posisi duduk ketika bekerja.

2. Beranjak dari Duduk dan Berjalan

Jika selama ini Office Boy (OB) biasa mengambilkan minum serta kebutuhan lainnya, ada baiknya untuk mencoba mengambil sendiri berbagai hal yang dibutuhkan ini. Hal ini akan memberi kesempatan pada tubuh untuk beranjak dan berjalan sejenak sehingga otot menjadi rileks dan tidak dalam posisi yang kaku selama waktu yang panjang.

3. Gunakan Tangga di Kantor

Tangga di kantor juga menjadi salah satu alternatif untuk membuat tubuh bugar dan bergerak dengan aktif. Luangkan waktu untuk datang lebih awal dan tidak terburu-buru supaya bisa berjalan melalui tangga saja tanpa harus menggunakan lift atau eskalator di kantor.

4. Makan Siang di Luar Kantor

Sebisa mungkin hindari untuk makan siang di kantor, terutama jika bekal makan siang tidak dibawa dari rumah. Makan siang di luar kantor akan memberi kesempatan untuk sejenak beranjak dan berjalan sehingga tubuh bisa lebih rileks. Kegiatan ini akan membuat tubuh menjadi lebih siap untuk menghadapi kesibukan setelah makan siang.

5. Aktif dan Bersosialisasi di Kantor

Nikmati suasana kantor dan jangan stres ketika bekerja. Bersosialisasilah dan berteman dengan karyawan lainnya sehingga kantor menjadi tempat yang menyenangkan. Sesekali hampiri rekan kerja dan beranjak dari kursi agar tubuh tidak kaku dan bisa rileks kembali.

 

Miliki Kebiasaan Menyenangkan di Kantor

Bekerja dan duduk sepanjang hari bisa saja menjadi masalah bagi tubuh dan menimbulkan beragam gangguan kesehatan. Hal ini bisa diatasi dengan mudah, terutama jika memiliki berbagai kabiasaan yang menyenangkan di kantor.

Cobalah untuk menikmati suasana kerja serta melakukan gerakan ringan dan juga kebiasaan sehat sehingga berbagai penyakit karyawan kantoran ini tidak datang menghampiri.

Baca Juga: Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Gejala Kanker Serviks, Ciri-Ciri, Pencegahan dan Pengobatan yang Perlu Diketahui

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar