Kamis, 18 Januari 2018

Panglima TNI upayakan ambil alih 'FIR' dari Singapura

Jumat, 12 Januari 2018 06:14

Sumber Foto: http://bit.ly/2mhtASO Sumber Foto: http://bit.ly/2mhtASO
Ayo berbagi!

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya beserta lintas kementerian hingga kini terus berupaya mengambil alih Flight Information Region (FIR) yang dikuasai Singapura.

"Soal FIR ini adalah masalah yang menjadi perhatian serius bagi kami, dan sampai saat ini lintas kementerian masih terus berusaha untuk merealisasikan keinginan dari pemerintah supaya FIR ini bisa segera kita ambil alih," ujar Hadi di Kemenhan, Jakarta, Kamis (11/1).

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara itu menjelaskan, usaha meraih FIR, yang ditujukan untuk memperkuat pengawasan kegiatan di ruang udara perbatasan Indonesia, telah dilaksanakan Kementerian Perhubungan berupa melakukan koordinasi dan lobi.

Usaha itu, tambah dia, juga terus dicoba oleh Kementerian Pertahanan maupun Kementerian Luar Negeri, yang telah ditugaskan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Sampai saat ini memang ada beberapa hal yang sudah kita kerjakan. Kami melihat bahwa FIR itu dipandang dari dua sisi, keselamatan penerbangan dan kedaulatan negara," ujar Hadi.

"Dalam hal ini Kementerian Pertahanan dan TNI memandang itu sebagai kedaulatan negara, sehingga mau tidak mau kami terus berupaya mendorong dan membantu pemerintah," katanya pula.

Ruang udara yang ingin dikelola Indonesia adalah di kawasan Natuna dan Kepulauan Riau, Tanjungpinang. (Ant) 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar