Senin, 19 Februari 2018

Menristek: Masyarakat bisa manfaatkan data satelit

Selasa, 30 Januari 2018 13:36

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir. Foto: Ragil Lestari/Radio Elshinta Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir. Foto: Ragil Lestari/Radio Elshinta
Ayo berbagi!

Data satelit diharapkan dimanfaatkan tidak hanya instansi pemerintah saja tapi juga oleh masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir saat membuka acara penyerahan data satelit penginderaan jauh beresolusi tinggi dan sangat tinggi kepada instansi pemerintah, di Sari Pan Pasifik Jakarta yang diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Selasa (30/1), seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Ragil Lestari.

"Jika masyarakat bisa memanfaatkan data satelit, maka dinilai inovasi yang luar biasa," kata Nasir.

Dalam keaempatan ini, juga ditegaskan bahwa memang benar, pemerintah memerlukan data satelit untuk mendukung berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut mencakup sektor kehutanan, pertanian, kewilayahan, kelautan, perikanan, pertambangan, keamanan, pajak, pariwisata dan perencanaan tata ruang.

Contoh pemanfaatan data satelit tersebut yaitu dalam sektor perpajakan. Data satelit mampu membantu dalam peningkatan perhitungan obyek pajak seperti lahan perkebunan dan pertambangan. Hal ini tentunya membantu dalam peningkatan pendapatan pajak negara.

Penyerahan data satelit oleh LAPAN hari ini merupakan upaya untuk meningkatkan kerjasama antara LAPAN dan para pemangku kepentingan. Dengan pemanfaatan data satelit, diharapkan dapat mempercepat perencanaan pembangunan nasional.

Selain itu, penyerahan data satelit ini juga merupakan implementasi dari UU no 21 tahun 2013 tentang ke-antariksaan dan instruksi presiden no. 6 tahun 2012.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar