Selasa, 20 Februari 2018

Banyaknya tragedi kecelakaan kerja harus jadi momentum kesadaran K3

Kamis, 08 Februari 2018 18:08

Sumber foto: ILO Sumber foto: ILO
Ayo berbagi!

Untuk memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Organisasi Buruh Internasional atau ILO bersama Dewan K3 Nasional menggelar diskusi bertajuk Menuju Budaya Pencegahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang lebih kuat di Indonesia.

Diskusi ini berlangsung pada hari Rabu (31/01) di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat menghadirkan narsum dari Dewan K3 Nasional, Kemenaker, Asosiasi Pengusaha Indonesia dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia.

Dalam diskusi yang juga ditayangkan secara live streaming melalui Periscope @RadioElshinta ini, para narasumber mengkaji kondisi K3 serta membahas langkah-langkah nyata yang harus diambil demi membangun budaya pencegahan K3 di lingkungan kerja di Indonesia.

Rudiyanto, Wakil Ketua Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (D3KN) mengatakan bahwa untuk mewujudkan K3 di lingkungan kerja diperlukan sinergi antara seluruh pemangku kepentingan yang melakukan pengawasan pada K3.

“D3KN adalah suatu komponen dalam negara Indonesia yang bertugas memberikan suatu saran kepada Pemerintah dalam hal ini adalah Menteri Tenaga Kerja untuk implementasi policy K3 Nasional di Indonesia,” kata Rudiyanto usai acara tersebut dalam wawancara dengan program Jakarta Jakarta di Elshinta TV.

Mengomentari kaitan dengan beberapa kejadian kecelakaan kerja  yang terjadi belakangan ini menambahkan, “Kita sudah tahu juga bahwa ada beberapa kejadian-kejadian, kecelakaan mengenai K3 yang perlu disikapi oleh Pemerintah. Jadi organ D3KN ini membantu memberikan awareness kepada masyarakat luas yang tentunya melalui Pemerintah.”

Sementara Luciana Julia dari ILO menyatakan bahwa terutama di sektor informal masih rendah kesadaran akan pentingnya K3 di lingkungan kerja. ILO akan membangun kesadaran dengan melibatkan generasi muda sejak dini.

“ILO sebagai lembaga internasional di bawah PBB sangat concern terhadap isu kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Dan kita juga melihat banyak tragedi yang terjadi terkait kecelakaan kerja. Kita mengambil momentum bulan K3 di Januari untuk mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya K3,” kata Luciana.

Sekitar 80 peserta dari berbagai macam sektor seperti pekerja, pengusaha, serikat buruh dan akademisi hadir dan berpartisipasi dalam acara ini.


Masih ada lagi informasi The Global Goals (SDGs) menarik untuk anda, klik disini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-Ma

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar