Minggu, 25 Februari 2018

Pesawat Rusia dengan 71 penumpang jatuh setelah lepas landas dari Moskow

Minggu, 11 Februari 2018 23:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!

Pesawat penumpang Saratov Airlines jatuh tidak lama setelah tinggal landas dari Bandara Domodedovo, Moskow, Minggu sore waktu setempat(11/02).

Pesawat hilang dari radar beberapa menit setelah lepas landas dan jatuh di dekat Argunovo, sekitar 80km dari Moskow.

Para pejabat Rusia, kepada media setempat, mengatakan seluruh penumpang dan awak, yang berjumlah 71 orang, diperkirakan meninggal dunia. Mereka terdiri dari 65 penumpang dan enam orang awak. Seluruh penumpang dilaporkan berkewarganegaraan Rusia.

Pesawat penumpang jenis Antonov An-148 itu jatuh dalam penerbangan menuju kota Orsk di kawasan Urals, dekat dengan perbatasan dengan Kazakhstan.

Situs pelacak penerbangan Flightradar24 mengatakan pesawat turun dengan kecepatan 1.000m per menit, lima menit setelah lepas landas.

Foto-foto dari lokasi jatuhnya pesawat menunjukkan puing-puing pesawat di lahan yang diselimuti salju. Kantor berita Tass mengutip seorang pejabat yang menyebutkan bahwa mayat-mayat ditemukan di dekat reruntuhan.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga para penumpang dan awak kapal. Ia juga memerintahkan penyeledikan untuk mengetahui mengapa pesawat penumpang itu jatuh.

Situs Rusia, Gazeta.ru, mengutip beberapa penyelidik yang mengatakan pilot sempat melaporkan adanya malfungsi dan meminta izin untuk melakukan pendaratan darurat.

Tahun lalu tercatat sebagai tahun paling aman bagi penerbangan komersial sebab tidak terjadi kecelakaan pesawat penumpang.

Bagaimana catatan keselamatan penerbangan Rusia sejauh ini?

Maskapai-maskapai penerbangan Rusia mengalami dua peristiwa besar selama beberapa tahun belakangan:

  • Pesawat milter Tu-154 jatuh di Laut Hitam pada tanggal 25 Desember 2016. Seluruh penumpang dan awak kapal yang berjumlah 92 orang meninggal dunia. Jatuhnya pesawat disebut terjadi karena kesalahan pilot.
  • Pesawat Rusia jenis Airbus A321 yang membawa wisatawan jatuh di Sinai Mesir pada tanggal 31 Oktober 2015. Seluruh orang yang berada di dalam pesawat, total 224, meninggal dunia. Kelompok yang menamakan diri Negara Islam mengklaim menempatkan bom di dalam pesawat.
Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar