Kamis, 22 Februari 2018

Oposisi Desak Transparansi Penggunaan Dana Publik Dalam Hubungan Barnaby Joyce

Senin, 12 Februari 2018 09:09

Ayo berbagi!

Partai Buruh Federal akan terus mempertanyakan apakah kekasih Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce diberi perlakuan istimewa, meski sejumlah menteri dalam jajaran Pemerintahan Koalisi bersikeras tidak ada peraturan yang dilanggar dalam kasus ini.

Poin Inti:

  • Wakil pemimpin Partai Buruh, Tanya Plibersek mendesak lebih banyak transparansi mengenai situasi ketenagakerjaan Vikki Campion
  • Pertanyaan yang diajukan Tanya Plibersek muncul sehari setelah PM Turnbull mengatakan bahwa tidak ada uang pembayar pajak yang terbuang untuk memindahkan Vikki Campion dari pekerjaannya.
  • Anggota parlemen dari Partai Nasional, Michelle Landry telah memperingatkan Partai Buruh untuk tidak ‘mengkritisi kelemahan orang lain’

Barnaby Joyce mulai menjalin hubungan dengan penasihat medianya, Vikki Campion - yang sekarang tengah mengandung anaknya – dan pada tahun lalu Vikki Campion disarankan bahwa tidak pantas baginya untuk terus bekerja dengan Barnaby Joyce.

Dia kemudian pindah ke posisi yang baru dibuat dan tidak diiklankan di kantor Menteri Nasional Matt Canavan dan kemudian dipindahkan ke kantor anggota parlemen dari Partai Nasional Damian Drum.

Perdana Menteri Malcolm Turnbull, Senator Canavan, dan Barnaby Joyce serta sejumlah menteri senior lainnya di kabinet koalisi menegaskan bahwa pengangkatan Vikki Campion layak dan semua prosedur perekrutan karyawan telah diikuti.

Tapi Wakil Ketua Partai Buruh Tanya Plibersek tidak yakin.

Dia mengatakan sementara Buruh tidak akan mengomentari kehidupan pribadi Barnaby Joyce, namun ada beberapa pertanyaan yang sah untuk diajukan perihal status ketenagakerjaan Vikki Campion.

"Satu-satunya wilayah di mana ada kepentingan publik yang murni adalah di bidang pengeluaran dana pembayar pajak," kata Tanya Plibersek.

"Ada sejumlah pertanyaan yang muncul selama beberapa hari terakhir tentang pekerjaan yang telah diciptakan untuk Vikki Campion dan pengeluaran dana pembayar pajak untuk perjalanan."

Wakil PM Australia Barnaby Joyce
Wakil PM Australia Barnaby Joyce diketahui menjalin hubungan dengan mantan staf medianya Vikki Campino yang kini sedang mengandung anak dari hasil hubungannya.

ABC

Informasi yang diperoleh ABC menunjukan Wakil PM Barnaby Joyce telah mengembalikan sejumlah kecil uang pembayar pajak setelah dia menggunakan mobil sewaan yang digunakan saat kembali dari berlibur bersama Vikki Campion.

"Hal-hal yang harus dipertanyakan dalam situasi ini adalah apakah pekerjaan [yang kemudian diisi oleh Vikki Campion] ini memang diperlukan, adakah tugas-tugas yang harus dilakukan pada tingkat keterampilan ini, apa masalahnya karena harus mempekerjakan seorang tenaga tambahan ke kantor-kantor tersebut?" Kata Tanya Plibersek

Pertanyaan ini mencuat sehari setelah PM Turnbull mengatakan bahwa tidak ada uang pembayar pajak yang disalahgunakan ketika Pemerintah Federal memindahkan Vikki Campion keluar dari pekerjaannya.

ABC telah mengajukan pertanyaan kepada kantor Perdana Menteri apakah Vikki Campion mendapat bayaran lebih tinggi sebagai akibat dari tindakan tersebut, namun pertanyaan ini dirujuk ke kantor Barnaby Joyce.

Kantor Barnaby Joyce mengatakan bahwa Vikki Campion telah dipekerjakan sebagai penasihat media namun tidak menjelaskan apakah dia dibayar lebih banyak setelah pindah ke kantor anggota parleman Canavan.

Kantor Canavan mengatakan bahwa Vikki Campion dipekerjakan untuk melakukan tugas tertentu, namun tidak akan mengungkapkan apakah gajinya meningkat.

Damian Drum juga tidak bersedia mengomentari perekrutan Vikki Campion pada hari Minggu (11/2/2018).

'Jangan kritik kelemahan orang lain'

Sementara Senator Crossbench Derryn Hinch mengatakan seseorang perlu memberikan penjelasan lengkap dan rinci tentang bagaimana vikki Campion bisa mendapatkan pekerjaan itu.

Salah satu pemimpin dari partai One Nation,  Pauline Hanson juga mengatakan bahwa dia tidak puas dengan penjelasan pemerintah mengenai transfer Vikki Campion ke pekerjaan barunya tersebut.

Senator  Tanya Pilbersek mengatakan dirinya tidak ingin berkomentar mengenai kehidupan pribadi Barnaby Joyce, namun mengatakan bahwa masalah tersebut kini telah berkembang melampaui urusan pribadinya, karena sekarang ini telah melibatkan isu perekrutan dan potensi penggunaan dana pembayar pajak.

Desakan dari Tanya Plibersek ini  memicu sejumlah peringatan dari anggota parlemen Koalisi, yang pada hari Minggu (11/2/2018) berkumpul di Canberra untuk acara jamuan makan siang bersama di The Lodge.

Ketika ditanya tentang komentar Tanya Plibersek, Menteri Luar Negeri Julie Bishop mengatakan, "Jangan mengkritik kelemahan orang lain".

Anggota parlemen dari Partai Nasional, Michelle Landry mengatakan bahwa dirinya yakin semua peraturan perekrutan karyawan telah diikuti dan balas menyampaikan peringatan serupa.

Anggota parlemen dari Partai Nasional Michael McCormack mengatakan bahwa dirinya yakin Barnaby Joyce akan tetap memimpin Partai Nasional pada pemilihan berikutnya.

"Fakta bahwa Vikki telah pindah dari kantornya ke kantor Matt Canavan ... ada posisi untuknya dan posisi itu diisi sesuai aturan," kata McCormack.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar