Minggu, 25 Februari 2018

Waspada Banjir, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan saat Banjir

Senin, 12 Februari 2018 18:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/waspada-banjir-ini-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-banjir courtesy https://www.cermati.com/artikel/waspada-banjir-ini-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-banjir
Ayo berbagi!

Musim penghujan sudah tiba, ada kekhawatiran muncul misalnya jangan-jangan tahun ini banjir lagi apabila hujannya sangat deras dan berlangsung secara berturut-turut. Kata, hujan dan banjir seakan menjadi pasangan yang serasi, selalu berdampingan dan sulit untuk dipisahkan.

Saat ini, terjadinya banjir bukan hanya karena faktor alam saja, namun kerusakan lingkungan yang dibuat oleh manusia yakni membuang sampah sembarangan, pengelolaan kota yang tidak baik, resapan air yang semakin menipis menjadi faktor utama di berbagai wilayah. Benar bukan?

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana, data sepanjang 2014 – 2016, hampir 50% khususnya wilayah Jakarta terancam rentan banjir. Hal ini disebabkan tidak adanya keseimbangan antara alam dengan pembangunan yang pesat sehingga membuat jangkauan daerah rawan banjir semakin meluas.

Walau banjir dapat diprediksikan akan terjadi di saat musim penghujan, namun tidak ada salahnya bagi Anda yang tinggal di wilayah Jabodetabek yang menjadi langganan banjir harus tetap waspada. Mengingat intensitas hujan yang semakin tinggi, bisa saja banjir akan menghantui tanpa Anda duga, seperti di pertengahan atau di akhir tahun.

 

Segera Lakukan ini Saat Banjir

Bagi wilayah tempat tinggal Anda yang memang tergolong mudah banjir, tetaplah tenang dan terus waspada. Jika ketinggian air sudah terlihat semakin menaik, maka Anda tidak boleh tinggal diam. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan saat menghadapi banjir.

1. Pantau Berita Terkini Curah Hujan

bmkg

Pantau Berita Banjir Melalui BMKG

Akan lebih baik apabila Anda terus memantau berita tentang curah hujan di wilayah tempat Anda tinggal. Anda bisa mengecek berita tersebut melalui sosial media TMC Polda atau cari tahu langsung di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Tujuannya agar Anda terus waspada terhadap banjir.

2. Amankan Barang-barang ke Tempat Lebih Tinggi

barang 

Pindahkan Barang saat Banjir

Pindahkan barang-barang penting yang bisa dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Misal, ke atas lemari, ke atas meja makan atau jika Anda memiliki rumah berlantai dua, sebaiknya pindahkan barang berharga ke lantai dua rumah Anda. Hal ini untuk menghindari barang-barang yang Anda miliki rusak atau terbawa banjir.

3. Simpan Surat-surat Berharga dengan Aman

surat

Jangan lupa untuk menyimpan surat-surat berharga ke tempat yang aman. Simpan sertifikat tanah, rumah, ijazah, akte, rapor dan lainnya ke dalam plastik atau tempat yang kedap air. Lalu Anda bisa simpan di bagain paling tinggi, misal di atas lemari.

Baca Juga: Ini Pilihan Asuransi Penting untuk Antisipasi Bencana Alam

4. Jaga Kesehatan

sakit

Jaga Kesehatan

Sering kali Anda mengabaikan kesehatan di saat banjir. Hal ini dikarenakan Anda terlalu sibuk membereskan barang-barang yang ada di dalam rumah. Padahal, berbagai macam penyakit akan timbul di saat banjir, seperti deman, batuk, flu, alergi hingga deman berdarah. Maka, perhatikan kesehatan Anda agar tidak terserang penyakit karena kesehatan itu mahal harganya.

5. Mencabut Aliran Listrik

listrik

Cabut Aliran Listrik Rumah

Jika Anda sudah mengetahui adanya peringatan soal air banjir semakin meninggi, Anda harus mencabut aliran listrik rumah atau menghubungi pihak yang bersangkutan atau PLN untuk mematikan aliran listrik di sekitar daerah yang terkena banjir. Tujuannya agar terhindar dari korsleting listrik yang mengakibatkan terjadinya kebakaran.

6. Mengungsi

evakuasi

Mengungsi ke Tempat yang Aman

Jika tempat tinggal Anda berada di dataran rendah, tidak ada kemungkinan kalau debit air banjir akan semakin meninggi. Sebaiknya Anda mengungsilah ke dataran yang lebih tinggi atau ke daerah yang tidak terkena banjir. Jangan lupa untuk membawa beberapa barang penting yang Anda miliki.

7. Hubungi Saudara

telepon

Hubungi Saudara

Bagi rumah Anda yang sudah tergenang banjir, tidak salahnya untuk menghubungi saudara terdekat yang rumahnya tidak terkena banjir untuk meminta pertolongan atau mengungsi di rumahnya untuk sementara. Hal ini agar Anda merasa lebih nyaman dan bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dibandingkan jika Anda mengungsi di tempat pengungsian umum.

Baca Juga: Musim Hujan Datang, Yuk Gunakan Asuransi Kendaraan

Pasca Banjir Reda

Setelah banjir surut, bukan berarti Anda akan merasa bebas dan permasalahan berhenti sampai disitu. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah banjir.

1. Membersihkan Rumah

 bersih

Bersihkan Rumah

Banjir usai segeralah untuk membersihkan rumah mulai dari lantai rumah hingga barang-barang yang terendam air banjir. Saat membersihkan rumah, sebaiknya Anda menggunakan perlengkapan untuk perlindungan diri seperti sarung tangan dan sepatu boot. Keduanya dapat memberikan perlindungan dari bakteri-bakteri yang menempel pada tempat yang kotor.

2. Mengurangi Barang yang Ada di Rumah

buang

Buanglah Barang yang Rusak dan Tidak Terpakai

Mengurangi jumlah barang yang Anda miliki adalah hal yang baik. Buanglah barang-barang yang sekiranya sudah tidak layak pakai lagi. Tujuannya agar Anda bisa memiliki ruang gerak yang luas. Selain itu, jika sewaktu-waktu banjir datang kembali, Anda tidak perlu repot untuk memindahkan banyak barang ke tempat yang lebih tinggi. Sehingga Anda tidak akan merasakan lelah yang berlebih.

3. Siapkan Asuransi

asuransi

Pilih Asuransi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga

Jika Anda sudah mengetahui bahwa tempat tinggal Anda adalah rawan terhadap banjir, maka siapkan asuransi untuk perlindungan keluarga Anda. Beberapa asuransi yang harus Anda siapkan sebelum banjir datang lagi.

  • Asuransi Kesehatan

Terjadinya banjir dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diare, alergi, demam, saluran pernapasan hingga demam berdarah yang umumnya memerlukan penanganan serius di rumah sakit. Anda bisa mengantisipasinya dengan memberikan perlindungan kesehatan semua keluarga Anda dengan memiliki asuransi kesehatan. Hal ini bisa mempercepat keputusan untuk menentukan rumah sakit yang dituju saat salah satu anggota keluarga Anda membutuhkan perawatan yang serius.

  • Asuransi Rumah

Rumah merupakan salah satu aset yang berharga. Sudah semestinya Anda harus memberikan perlindungan pada rumah Anda karena tidak ada yang bisa mengira atau memprediksikan kapan bencana akan tiba, salah satunya banjir. Jika Anda sudah memiliki asuransi rumah, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan soal kerusakan rumah beserta isinya karena banjir karena pihak asuransi akan menjamin terhadap tempat tinggal Anda.

  • Asuransi Kendaraan

Aset lain yang harus diasuransikan adalah kendaran yang Anda miliki. Jika sewaktu-waktu kendaraan Anda terjebak saat banjir dan mengalami kerusakan, Anda tidak perlu khawatir soal biaya perbaikan kendaran yang dapat menguras keuangan Anda.

Segera Miliki Asuransi Terbaik

Ibarat pepatah bilang “Sedia payung sebelum hujan,” mempunyai asuransi akan sangat membantu kondisi finansial Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Segeralah miliki asuransi untuk perlindungan kehidupan Anda dan Keluarga. Pilih asuransi terbaik Anda dengan mencari tahu terlebih dahulu mengenai segala macam tentang informasi. Asuransi yang terbaik akan memberikan perlindungan yang baik juga.

Baca Juga: Asuransi Banjir: Pengertian dan Tarif Preminya

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar