Sabtu, 24 Februari 2018

Akses pemantau taksi online diserahkan ke Kemenhub hari ini

Rabu, 14 Februari 2018 06:44

Kemkominfo. Foto: id.wikipedia.org Kemkominfo. Foto: id.wikipedia.org
Ayo berbagi!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan, akses dan otorisasi "dashboard" pemantau taksi online, yang telah selesai pembuatannya, akan diserahkan kepada Kementerian Perhubungan dan dinas-dinas perhubungan provinsi, Rabu (14/2) hari ini.


"Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan sudah menyampaikan bahwa pada 2 Februari 2018 Kemkominfo sudah mendemokan `dashboard` kepada Kementerian Perhubungan," kata Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo, Noor Iza dalam pesan singkat di Jakarta, Selasa (13/2).


Dari pertemuan tersebut, disepakati pertemuan selanjutnya pada Senin (12/2) dengan melibatkan beberapa dinas untuk penyesuaian dan perubahan "dashboard".


Dikutip Antara, Noor Iza menuturkan, Kemkominfo mendemokan "dashboard" lagi di Kementerian Perhubungan pada Senin (12/2) yang dihadiri Dirjen Aplikasi Informatika, Dirjen Perhubungan Darat, dan beberapa dinas perhubungan provinsi serta tiga penyedia platform. 


"Hasil pertemuan berupa penyesuaian dan perubahan, kemudian disepakati disiapkan dua hari saja. Oleh karena itu, Rabu besok (hari ini) akses dan otorisasi diberikan ke Kementerian perhubungan dan juga dinas-dinas perhubungan provinsi," jelas Noor Iza.


Akses "dashboard" menuju domain Kemkominfo, selanjutnya setelah masuk akan dipaparkan masing-masing platform taksi daring, seperti Uber, Go-Car, dan Grab.


Setelah memiliki akses, dinas-dinas perhubungan akan bisa melihat "dashboard" sesuai wilayahnya masing masing.


"Terkait Pengaturan, Dirjen Aptika juga sampaikan bahwa Kementerian Kominfo menerapkan pengaturan dengan `light touch regulation` untuk mengakomodasi konsep-konsep bisnis baru dalam ekonomi digital," ujar Noor Iza.


Pemantau taksi daring sesuai dengan Undang-Undang Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang seharusnya sudah terlaksana per 1 Februari 2018. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar