Sabtu, 24 Februari 2018

Peluang Usaha Laris Manis Jelang ASIAN GAMES 2018

Rabu, 14 Februari 2018 16:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/peluang-usaha-laris-manis-jelang-asian-games-2018 courtesy https://www.cermati.com/artikel/peluang-usaha-laris-manis-jelang-asian-games-2018
Ayo berbagi!

Tidak sedikit orang tertarik dengan dunia olahraga. Bahkan di zaman sekarang ini, laki-laki atau perempuan, hingga dewasa atau anak-anak menggandrungi berbagai macam olahraga, seperti renang, bulu tangkis, basket dan lain sebagainya. Dengan berolahraga bukan hanya membuat badan kita menjadi sehat, namun juga bisa meraih prestasi dengan menggeluti olahraga yang kita sukai dan mengikuti ajang pertandingan olahraga, seperti Asian Games.

Asian Games merupakan pesta olahraga terbesar di Asia yang diadakan empat tahun sekali yang diikuti oleh 45 negara Asia yang terdaftar dalam Dewan Olimpiade Asia. Pada awal kemunculannya, Asian Games diselenggarakan pada tahun 1951 dan New Delhi sebagai tuan rumah penyelenggara. Kini, kali kedua, Indonesia bisa merasakan kembali menjadi tuan rumah dalam penyelanggaraan Asian Games yang sebelumnya diselenggarakan pada Asian Games ke-4 tahun 1962.

Rencananya, ajang pesta olahraga yang mempertandingkan 40 cabang olahraga ini akan berlangsung pada 18 Agustus – 2 September 2018 di DKI Jakarta dan Sumatra Selatan. Selain itu, beberapa daerah lain juga ikut serta sebagai tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten. Sehingga persiapan yang matang dilakukan dari jauh-jauh hari oleh pihak penyelenggara.

Biasanya, orang-orang yang memiliki kejelian yang tinggi akan memanfaatkan ajang ini untuk meraup keuntungan besar dengan membuka bisnis kecil-kecilan. Hal ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat. Dengan begitu, bisa memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Rahasia Sukses Merintis Bisnis bagi Para Pemula

Peluang Bisnis Menjelang Asian Games 2018

Bukan hanya peserta Asian Games 2018 yang berlomba-lomba untuk mendapatkan medali, tapi para pelaku bisnis juga ikut serta berlomba untuk mendapatkan keuntungan besar. Pelaku bisnis bisa membuka stand kecil yang berisikan barang dagangannya berupa makanan, minuman atau cenderamata yang bisa dibawa pulang ke negara asalnya masing-masing sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman-temannya. Berikut daftar peluang usaha yang bisa dijalankan saat Asian Games 2018 berlangsung.

1. Kerajinan Tangan

Indonesia merupakan negara yang paling kaya atas keragaman kerajinannya. Para pelaku bisnis dapat memproduksi kerajinan berikut ini untuk dijajakan kepada para peserta, tamu serta pengunjung Asian Games 2018 sebagai oleh-oleh.

  • Beberapa kain khas Palembang seperti songket, jumputan, blongso, dan tajung

kain palembang

Kain Tajung Khas Palembang via kelambit.com

Kain-kain tersebut ada yang terbuat dari kain sutera dan ada juga dari benang emas. Selain memiliki bahan yang sangat lembut dan bagus, motif dan warna yang cantik dapat menarik perhatian untuk dijadikan buah tangan.

  • Batik Palembang

Batik Palembang
Kain Batik Khas Palembang via kain-batik-mudzakir.blogspot.com

Menjual batik Palembang bisa berupa baju atau kemeja yang sudah jadi atau hanya kainnya saja. Batik khas Palembang ini merupakan perpaduan antara kebudayaan Palembang sendiri dan Jawa, sehingga batik Palembang memiliki motif yang halus dan warna yang manggis. Batik yang paling terkenal di daerah Palembang adalah Batik Jepri dan Batik Lasem. Nah, para pelaku usaha bisa nih memproduksi lebih banyak pada kedua batik yang terkenal di Palembang.

  • Lakuer (Leker)

lakuer palembang
Lakuer Khas Palembang via Kelambit.com

Lakuer merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari kayu pohon kemalo atau mahoni. Biasanya para pengrajin membuat Leker dalam bentuk kotak, bulat atau silindris. Setelah dibentuk sesuai keinginan, leker diamplas hingga halus dan dijemur sampai kering, kemudian para pengrajin melukis motif alam dengan tinta cina yang biasa diberi warna merah, hitam dan emas. Kerajinan ini bisa dijadikan pajangan rumah yang sangat cantik, bukan?

  • Ukiran Khas Palembang

ukiran palembang
Ukiran Palembang via hellopalembang.com

Para pelaku bisnis bisa mengolah kayu tembesu atau kayu mahoni menjadi pajangan yang sangat cantik. Pengrajin bisa memadukan unsur Asian Games 2018 dengan ukiran motif khas Palembang. Pasti menarik, bukan?

  • Pajangan Khas Jakarta

pajangan ondel-ondel
Pajangan Ondel-ondel Khas Jakarta via carisouvenir.com

Ciri khas Jakarta yang dikenal masyarakat adalah Monumen Nasional (Monas) dan ondel-ondel. Pelaku bisnis bisa membuat kerajinan pada kedua ciri khas Jakarta tersebut dalam bentuk miniatur yang sangat unik. Selain itu, para pengrajin juga bisa menaruh tulisan Asian Games 2018 pada setiap miniaturnya. Tampilan miniatur yang sangat unik dan lucu dapat membuat seluruh pengunjung ingin berburu membelinya.

 

 2. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah jajanan yang wajib ada pada setiap acara apapun termasuk Asian Games 2018. Para pengunjung bisa mencicipi segala makanan dan minuman khas Indonesia yang kaya akan cita rasanya.

  • Pempek

pempek
Pempek Khas Palembang via pempekqueen.com

“Kamu belum resmi mengunjungi Palembang kalau belum mencicipi pempek Palembang”. Pempek sudah sangat melekat sebagai makanan yang harus dicicipi dan di bawa pulang sebagai buah tangan. Rasa pempek lezat dan kuah cuko yang pedas, asam, asin, dan gurih membuat orang tidak berhenti menyantapnya. Ada beberapa model empek-empek khas Palembang, diantaranya kapal selam, adaan, dan keriting.

  • Tekwan

tekwan
Tekwan Khas Palembang via quora.com

Hampir sama dengan pempek, bedanya bentuk tekwan dibuat kecil-kecil menyerupai bakso ikan. Selain itu, pada penyajiannya diberi kaldu udang dan ditambah taburan seledri, bawang goreng, irisan daun bawang, potongan bengkoang atau jamu kuping. ini bisa dijadikan peluang bisnis jajanan yang bisa disantap di tempat.

  • Kerak telor

kerak telor
Kerak Telor Khas Jakarta via jajananpinggiran.blogspot.com

Kerak telor merupakan ikon kuliner Jakarta. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi kering, bawang goreng dan diberi bumbu yang bikin rasanya semakin lezat.

  • Asinan

asinan
Asinan Khas Jakarta via brilicious.brilio.net

Selain enak dan menyegarkan, asinan khas Jakarta ini tergolong makanan yang menyehatkan karena banyak mengandung sayur-sayuran. Dalam penyajiannya, asinan diberi kuah asam pedas yang segar dan dilengkapi kerupuk mie. Enak, kan?

  • Bir Peletok

bir pletok
Bir Pletok via lenterakeluarga.com

Bir ini bukan minuman yang memabukkan, justru bir ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Bir Peletok merupakan minuman khas Jakarta yang terbuat dari jahe, daun pandan wangi, serai dan kayu kencana. Dengan mengonsumsi minuman ini, akan menyehatkan badan, yaitu dapat memperlancar aliran darah.

Baca Juga: 5 Cara Mengalahkan Tantangan Pada Bisnis Anda

4. Pakaian, Tas dan Aksesoris

Apa yang kita kenakan tidak lepas dari pakaian, tas dan aksesoris. Jika Anda membuka peluang usaha ini tentunya dengan memproduksi barang yang unik dan beda dari yang lain, dapat dipastikan akan laris manis. Berikut beberapa barang dagangan berupa pakaian, tas dan aksesoris yang bisa Anda jadikan peluang usaha

  • Kebaya Encim

kebaya betawi
Kebaya Encim via tradisinuswantoro.com

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keberagaman budaya. Setiap daerah memiliki budaya khas tersendiri, salah satunya pakaian adat. Jakarta memiliki pakaian yang sangat khas, orang asli Jakarta sering menyebutnya kebaya encim. Kebaya encim memiliki motif bunga-bunga yang sangat cantik pada atasan maupun kain sebagai bawahannya. Selain itu, kebaya encim juga memiliki warna-warna yang cerah. Tak ada salahnya, jika pelaku bisnis mencoba membuka bisnis ini.

  • Kaos

asian game
Desain Kaos Asian Games via s7dreams.com

Salah satu bisnis yang sangat diincar para pengunjung. Biasanya kaos yang dijajakan berbahan katun dengan berbagai macam warna. Selain itu terdapat gambar ikon daerah dan dipadupadankan dengan momen Asian Games 2018. Pelaku bisnis ini dituntut untuk kreatif dalam penampilan gambarnya, agar para pengunjung tertarik untuk membelinya.

  • Tas Jinjing

tote bag
Tas Jinjing

Bisnis ini sama halnya dengan kaos. Gambar yang ditampilkan tidak jauh berbeda dengan kaos. Hanya saja bentuk dan bahan yang dipakai berbeda. Biasanya bahan yang dipakai dalam pembuatan tas ini adalah kanvas, blacu, dan drill. Tidak sedikit orang yang mengganfrungi tas jinjing seperti ini. Selain bisa digunakan untuk barang bawaan, tas ini juga sebagai pelengkap fashion.

  • Kalung dan Gelang

aksesoris
Aksesoris Khas Indonesia via yukpiknik.com

Aksesoris merupakan tambahan pemanis pada setiap penampilan. Jika Anda membuka usaha aksesoris yang bagus dan unik, tentunya ini banyak diincar oleh para pengunjung Asian Games 2018. Misal, memproduksi aksesoris seperti kalung yang terbuat dari kayu-kayu yang di ukir cantik dan dipadukan dengan tali, gelang hingga bros.

Jeli Terhadap Peluang Bisnis

Sebagai pelaku bisnis tentunya harus jeli pada setiap peluang bisnis. Bukan hanya pada momentum tertentu saja, tapi bisa menjalankan bisnis yang digeluti hingga sukses. Urusan modal usaha, Anda bisa menambah modal usaha melalui pinjaman bank seperti KTA, KMG maupun memaksimalkan.

Baca Juga: Segera Dapatkan Modal Bisnis Dari KTA

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar