Selasa, 20 Februari 2018

Alasan Mengapa Menjadi Wanita Berpendidikan Itu Wajib

Kamis, 15 Februari 2018 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/alasan-mengapa-menjadi-wanita-berpendidikan-itu-wajib courtesy https://www.cermati.com/artikel/alasan-mengapa-menjadi-wanita-berpendidikan-itu-wajib
Ayo berbagi!

Wanita dan pendidikan, ini tentu dua hal yang kerap menjadi sebuah perbincangan yang menarik. Bagaimana tidak, sejak puluhan tahun yang lalu emansipasi wanita telah dikumandangkan oleh Kartini, sehingga kemudian dianggap menjadi sesuatu hal yang penting oleh sebagian kalangan. Namun, pada kenyataannya, dalam banyak hal wanita masih kerap ketinggalan dan seolah memiliki sejumlah rintangan untuk bisa mendapatkan yang terbaik, salah satunya di bidang pendidikan.

Meski kini hampir semua lembaga pendidikan telah memberikan kesempatan yang sama bagi wanita untuk dapat menempuh pendidikan seperti halnya para pria, namun tidak sedikit juga yang enggan melakukannya.

Sebagian besar wanita masih begitu puas dengan pendidikan yang hanya menamatkan SMA saja, atau bahkan begitu senang ketika bisa menyelesaikan sarjana, hanya sedikit yang menempuh S2 dan juga S3, dan tentu saja jumlah untuk dua jenjang pendidikan yang terakhir ini masih sangat jauh di bawah jumlah pria. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi penghalang utama bagi wanita untuk menempuh pendidikan yang tinggi?

Baca Juga: Mitos Tentang Karier yang Tidak Boleh Anda Percayai

Pendidikan dan Manfaatnya bagi Wanita

Rendahnya tingkat kesadaran akan pentingnya pendidikan yang tinggi bagi wanita, tentu menjadi sebuah hal yang patut disayangkan. Merasa tidak perlu, tidak berkewajiban, atau bahkan tidak begitu menginginkan adalah sejumlah alasan yang kerap dilontarkan sehingga wanita kerap mengesampingkan pendidikan. Ini baru sejumlah alasan bagi wanita yang masih sendiri (belum menikah).

Berbagai alasan lainnya bahkan lebih sering lagi terdengar dari para wanita yang telah berumah tangga, misalnya: sibuk mengurus anak dan suami, untuk apa sekolah / kuliah lagi (kan sudah menikah ini), biar kelak anak-anak saja yang sekolah (ibunya tidak usah), tidak perlu kuliah / sekolah karena tidak akan bekerja juga di kantoran.

Meskipun begitu, wanita juga harus mengupayakan yang terbaik untuk hidupnya sendiri dan kelak keluarganya nanti, sama halnya dengan para pria. Untuk itu, maka jelas pendidikan yang tinggi sangat penting bagi wanita, sebab ini akan sangat mempengaruhi kualitas kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Simak alasan berikut ini, mengapa pendidikan menjadi hal yang sangat penting bagi wanita:

Wanita Berhak Mendapatkan Tingkat Pendidikan Setinggi-tingginya
Wanita Berhak Mendapatkan Tingkat Pendidikan Setinggi-tingginya

1. Mampu Mendukung Kehidupannya Sendiri dan juga Orang Lain

Wanita akan menjadi seorang ibu rumah tangga yang memiliki tanggung jawab besar terhadap perjalanan rumah tangganya. Sehingga banyak yang mengatakan wanita tidak perlu berpendidikan tinggi hanya untuk hal ini. Namun, dalam hal ini bukan berarti wanita tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi, meskipun kelak ia akan mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga setelah menikah nanti.

Justru tanggung jawab yang besar inilah yang kemudian menjadi sebuah alasan wajib bagi wanita untuk menempuh pendidikan yang tinggi, sebab masa depan rumah tangga akan ada di tangannya. Pria selaku kepala rumah tangga mungkin saja akan menjadi tulang punggung keluarga, namun wanitalah yang pada umumnya menjadi sosok yang serba bisa dan akan menangani banyak hal lainnya (di luar nafkah) di rumah tangga itu sendiri.

Seperti mengurus dan merancang masa depan anak-anak, di mana wanita justru akan berperan lebih banyak daripada pria. Anak-anak akan tumbuh di tangan seorang wanita, sehingga penting bagi wanita (ibu) yang memiliki anak untuk memiliki sejumlah pengetahuan yang mumpuni dalam mengasuh anak-anaknya.

Dibutuhkan sejumlah pengalaman dan juga kemampuan yang baik untuk mengurus berbagai hal di dalam rumah tangga, dan ini akan menjadi sesuatu yang lebih mudah jika saja wanita mendapatkan pendidikan yang tinggi dan layak sebelum menikah.

 

2. Mampu Mengikuti Perkembangan Zaman dan Teknologi

Entah seorang wanita akan bekerja atau hanya akan menjadi seorang ibu rumah tangga saja, kemampuannya tentu harus berkembang dari waktu ke waktu. Wanita yang memiliki pendidikan tinggi akan lebih siap untuk menghadapi semua perkembangan teknologi dan juga informasi yang terjadi. Jika tidak, maka sejumlah kendala mungkin saja dihadapinya ketika menjalankan perannya sebagai wanita karier atau bahkan sebagai ibu rumah tangga.

Bukan hanya itu, jika seorang wanita tidak dapat mengimbangi kemajuan teknologi yang terjadi, maka besar kemungkinan ia akan mengalami kesulitan dalam mengontrol dan melakukan berbagai hal terbaik untuk anak-anaknya.

Anak-anak akan bertumbuh dan berkembang mengikuti kemajuan zaman dengan teknologi internet, tanpa adanya sebuah pengawasan yang tepat dari ibunya, sebab ibunya sendiri juga tidak paham akan semua perkembangan tersebut dengan baik. Jika sudah begini, bukan hanya dirinya sendiri, namun masa depan anak-anak juga tidak akan tertata dengan sebagaimana mestinya, bukan?

3. Memiliki Karier yang Lebih Cemerlang

Saat seorang wanita bekerja dan menempati sebuah jabatan, seringkali berbagai kendala menjadi penghalang untuknya dalam mengembangkan karier, salah satunya adalah terbatasnya bekal pendidikan yang dimilikinya. Zaman sudah berubah dan wanita juga telah memiliki kesempatan yang sangat luas untuk berkarier, namun tentunya dengan bekal pendidikan dan juga kemampuan yang sama atau bahkan lebih baik dari para pria.  

Sangat penting bagi wanita untuk mendapatkan jenjang pendidikan yang tinggi ketika akan bekerja, sebab hal ini akan menjadi salah satu penentu di dalam perkembangan kariernya ke depannya. Dengan bekal pendidikan yang memadai, maka ia akan lebih siap untuk bersaing mendapatkan berbagai posisi strategis di dalam perusahaan dengan para pria.

Baca Juga: Miliader Termuda Di Dunia, Dapat Anda Tiru Kesuksesannya

Pendidikan yang Layak, untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Bagi wanita, pendidikan seringkali menjadi sebuah hal yang tidak begitu penting dan wajib untuk didapatkan. Pemikiran seperti ini tentu salah besar, mengingat di dalam kehidupan ini wanita juga memegang peranan yang sangat penting di dalam keluarga. Bekal pendidikan yang cukup tentu akan membuat wanita lebih siap dan mampu untuk menghadapi berbagai tantangan, yang pastinya akan membawa kehidupan yang lebih baik untuk dirinya sendiri dan juga orang lain di sekitarnya.

Baca Juga: Dengan Memiliki Soft Skills Ini, Karir Bisa Makin Melejit

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar