Kamis, 22 Februari 2018

Jelang Imlek, warga Tionghoa Bekasi berdoa untuk kedamaian Pilkada

Kamis, 15 Februari 2018 16:35

Istimewa. Foto: Eko Purnomo /Radio Elshinta Istimewa. Foto: Eko Purnomo /Radio Elshinta
Ayo berbagi!

Warga Tionghoa di Kota Bekasi kian antusias menyambut menyambut Tahun Baru Imlek 2569. Sejumlah persiapan, baik dari membersihkan ratusan patung dewa-dewi, hingga menghias lilin pun telah dilakukan. 

Pantauan Kotributor Elshinta, Eko Purnomo, Rabu (14/2) di Klenteng Hok Lay Kiong, Jalan Kenari I, Margahayu, Kota Bekasi. Klenteng tertua yang sudah berdiri kurang lebih 350 tahun itu mulai disesaki para jemaah. 

Mereka tampak hilir mudik dari satu patung dewa ke patung lainnya. Bahkan, tak jarang dari jemaah yang ikut sibuk membawa Niangao atau kue keranjang untuk dipersembahkan. 

Menurut Ketua Yayasan Klenteng Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan, terdapat 300 jemaah yang akan hadir beribadah pada malam pergantian tahun baru atau yang dikenal Shin Chia. 

"Untuk tahun ini, diprediksi akan ada 300-an umat yang hadir. Jumlahnya tidak banyak berubah, mungkin seperti tahun-tahun yang lalu," kata Ronny.

Pada prosesi pergantian tahun itu, sejumlah doa dan ungkapan syukur akan terus berlangsung. Hingga, waktu Cap Gomeh, atau dua pekan setelah tahun baru Imlek.  

Adapun harapan yang terus dipanjatkan adalah memohon untuk kedamaian bangsa. Apalagi, sambung Ronny, pada tahun shio Anjing Tanah ini, Indonesia akan menggelar perhelatan akbar pesta demokrasi. 

"Untuk imlek tahun ini, kita berdoa khusus pada kedamaian dan kesatuan Indonesia. Sebab, sekarang menjelang pilkada. Kita berharap pilkada bukan menjadi ajang bermusuhan," harapnya.

Tentu saja, lanjut dia, umat juga berdoa untuk kehidupan pribadi dan masyarakat. Sehingga, umat bisa mempererat hubungan antarsesama manusia, tetap menjalin kebersamaan, gotong royong, dan saling membantu antarumat beragama.

"Imlek adalah bentuk pengucapan syukur, doa dan harapan agar di tahun depan mendapat rezeki yang lebih baik lagi, untuk menjamu leluhur, dan sebagai media silaturahmi dengan keluarga dan sesama," pungkasnya. 

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar