Jumat, 20 April 2018

Konfirmasi Bawaslu terhadap status PKPI

Rabu, 07 Maret 2018 09:40

Sumber Foto : http://bit.ly/2HctXa8 Sumber Foto : http://bit.ly/2HctXa8
Ayo berbagi!

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan menolak gugatan yang diajukan Partai Keadilan dan Partai Persatuan Indonesia (PKPI) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebelumnya PKPI diputuskan tidak bisa berlaga dalam Pemilu 2019 karena dalam verifikasi faktual KPU dinyatakan tidak memenuhi persyaratan di 73 kabupaten atau kota.

Dihubungi Elshinta, Rabu (7/3) pagi, anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, partai politik yang dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU, ketika mereka melakukan upaya hukum, Banwaslu melakukan proses penanganan dan pemeriksaan permohonan, kemudian melakukan proses awal berupa mediasi antara pemohon dalam hal ini parpol dan juga termohon yaitu KPU.

“Hampir semua pemohon tidak bisa diselesaikan dengan mediasi namun diselesaikan dengan ajudikasi. Kedua pihak tidak bisa mencapai kesepakatan di dalam proses awal, artinya Banwaslu harus menyelesaikannya dalam proses ajudikasi,” jelasnya.

Yang menyebabkan partai bisa lolos atau tidak dalam mengajukan gugatan, lebih lanjut Ratna mengatakan, iyalah fakta persidangan. “Fakta persidangan adalah pemeriksaan secara terbuka yang dilihat oleh semua pihak dimana di persidangan itu, dibuka apa yang menjadi keberatan pemohon ketika mereka diberikan status tidak memenuhi syarat,” terangnya.

Penulis : Yuno.

Editor : Dewi Rusiana.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-FrY

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar