Sabtu, 21 April 2018

Jokowi melakukan hongi sambutan khas Selandia Baru

Senin, 19 Maret 2018 18:26

Sambutan hongi a la Selandia Baru bagi Presiden Jokowi (sumber foto: @KbriWellington) Sambutan hongi a la Selandia Baru bagi Presiden Jokowi (sumber foto: @KbriWellington)
Ayo berbagi!

Dalam kunjungan ke Selandia Baru, Presiden Joko Widodo disambut hangat oleh masyarakat setempat. Pada kesempatan penerimaan di Government House (kediaman resmi Gubernur Jendral Selandia Baru) hari Senin 19/03, presiden mendapat sambutan khas.

Sambutan tersebut disebut "hongi" yang dilakukan dengan menempelkan hidung masing-masing penyambut dan tamu. Penyambutan ini merupakan kebiasaan penduduk asli Selandia Baru, bangsa Maori. Tidak berbeda dengan adat istiadat masyarakant Nusa Tenggara Timur, dimana kebiasaan ini dikenal dengan istilah henge'do. 

Hal tersebut tidak mengejutkan, dikarenakan bangsa Maori merupakan rumpun Austronesia, yang juga merupakan salah satu dari rumpun suku bangsa di Indonesia. 

Mengutip laporan dari Antara, kebiasaan penyambutan seperti ini dilakukan bangsa Maori pada acara-acar penting. Dengan penerimaan melalui hongi, maka Presiden Jokowi telah diterima sebagaimana salah satu dari warga Maori sendiri. 

Adalah tetua (dalam istilah Maori disebut kaumatua) bernama Profesor Piri Sciascia yang dipercaya untuk menjaga adat istiadat Maori mendapat kehormatan melakukan hongi dengan Presiden Joko Widodo, seperti dicuit oleh akun Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wellington, Selandia Baru. 

Hadir menyambut Presiden secara resmi adalah Gubernur Jendral Selandia Baru, Patsy Reddy, yang juga merupakan perwakilan Kepala Negara. Sebagai negara Persemakmuran, Gubernur Jendral mewakili Ratu Inggris yang merupakan Kepala Negara Selandia Baru. 

Usai upacara di Government House, Presiden didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi berkesempatan mengunjungi dan memberi penghormatan di Pukeahu War Memorial bagi militer Selandia Baru. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-Ma

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar