Senin, 23 April 2018

Ini Dia Prospek Besaran Gaji dan Kisaran Biaya Kuliah di Bidang Teknik Informatika

Kamis, 12 April 2018 16:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/ini-dia-prospek-besaran-gaji-dan-kisaran-biaya-kuliah-di-bidang-teknik-informatika courtesy https://www.cermati.com/artikel/ini-dia-prospek-besaran-gaji-dan-kisaran-biaya-kuliah-di-bidang-teknik-informatika
Ayo berbagi!

Perkembangan era digital yang begitu pesat selama beberapa tahun belakangan ini, menjadi salah satu bukti bahwa peluang kerja bagi para lulusan teknik informatika memang terbuka sangat luas. Bukan hanya saat ini saja, peluang kerja ini bahkan masih akan semakin luas ke depannya, mengingat hampir semua sektor mulai beralih ke teknologi berbasis digital. Semakin banyak peluang kerja dalam bidang tertentu, tentu semakin layak jurusan tersebut untuk dipertimbangkan.

Hal yang sama juga disambut baik oleh para penyedia layanan pendidikan itu sendiri (kampus), di mana belakangan ini semakin banyak kampus yang menyediakan jurusan tersebut di kampus mereka. Ada banyak kampus yang bisa dijadikan sebagai pilihan, mulai dari kampus ternama hingga yang terbilang masih memiliki prestasi biasa saja.

Meski terbilang relatif, namun kualitas lulusan sebuah kampus tentu akan dipengaruhi oleh kualitas pendidikan yang diperolah lulusan tersebut di tempatnya belajar. Hal ini penting untuk menjadi salah satu pertimbangan wajib sebelum akhirnya memilih salah satu kampus untuk kuliah, mengingat persaingan di dunia kerja juga adalah hal penting yang tidak bisa disepelekan.

 

Prospek Kerja dan Kisaran Gaji Lulusan Teknik Informatika

Prospek Karir di Bidang Teknologi Informatika
Prospek Karir di Bidang Teknologi Informatika

Sebagaimana jurusan lainnya, teknik informatika juga memiliki beberapa prospek kerja dalam beberapa bidang yang berbeda. Hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan dan juga keterampilan yang paling dikuasai selama menjalani masa kuliah di jurusan teknik informatika. Semakin banyak keterampilan yang dikuasai dalam bidang ini, maka semakin luas juga prospek kerja yang bisa didapatkan.

Simak beberapa prospek kerja dan juga kisaran gaji yang bisa didapatkan oleh para lulusan teknik informatika berikut ini:

1. System Analyst

Bekerja langsung dalam menangani sebuah sistem, seorang System Analyst dituntut untuk memiliki kemampuan yang cukup kompleks pada bidang yang satu ini. System Analyst akan membuat analisa yang lengkap bagi perusahaan (klien), mulai dari mendefenisikan kebutuhan sistem itu sendiri, hingga membuat database serta hardware yang dibutuhkan untuk menjalankannya. Bukan hanya sampai di situ saja, seorang System Analyst juga akan membuat perhitungan anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan setiap proyek yang ditanganinya.

Jika melihat kerumitan pekerjaan yang harus ditangani oleh seorang System Analist, maka bisa dikatakan jabatan ini hampir tidak bisa bekerja sendiri. Di dalam prakteknya, seorang Aystem Analyst akan bekerja sama dengan programmer, di mana programmer inilah yang akan mengaplikasikan analisis program yang telah disusun oleh System Analyst pada berbagai proyek yang ditangani.

Meski bukan menjadi pekerja dengan bayaran tertinggi di bidang teknik informatika, namun penghasilan seorang System Analyst terbilang cukup menjanjikan, yakni sekitar Rp 72 juta per tahun atau rata-rata Rp 6 juta per bulannya.

2. Junior Programmer

Karir yang satu ini menjadi pilihan banyak lulusan informatika komputer di awal kelulusan mereka, mengingat peluang kerjanya memang terbilang sangat banyak tersedia. Pada umumnya Junior Programmer akan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang software atau pengelolaan (konsultan) database.

Ada banyak keahlian yang harus dimiliki oleh seorang programmer, seperti: bahasa HTML/XML, PHP, ASP, Cold Fusion, bahasa pemrograman Java, C++ dan Visual Basic. Meski tidak menguasai keseluruhannya, namun seorang programmer haruslah menguasai setidaknya keterampilan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Di awal karirnya, seorang Junior Programmer bisa mendapatkan gaji di kisaran Rp60 juta per tahun atau rata-rata Rp5 juta per bulannya.

3. Network Administrator

Memiliki tugas untuk menjaga sistem tetap berjalan dengan aman dan lancar, seorang Network Administrator juga sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Berbagai gangguan yang terjadi pada sistem biasanya akan ditangani oleh Network Administrator, termasuk sejumlah pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan sistem itu sendiri, seperti: membuat email server, FTP server, DNS server, dan yang lainnya.

Untuk semua pekerjaan seperti ini, seorang Network Administrator biasanya bisa membawa pulang gaji di kisaran Rp60 juta per tahun atau rata-rata Rp5 juta per bulannya.

4. Web / Graphic Designer

Sebagaimana namanya, seorang Web Designer akan bertugas untuk menata dan mendesain tampilan web. Perkembangan digital di Indonesia yang banyak melahirkan berbagai situs baru sepanjang tahun, menjadi salah satu peluang kerja yang sangat baik bagi para Web Designer.

Dalam menjalankan tugasnya, biasanya Web Designer akan bekerja sama dengan seorang programmer, di mana keduanya berkolaborasi dalam mendesain isi serta tampilan sebuah situs secara bersamaan. Seorang Web Designer bisa mendapatkan gaji di kisaran Rp60 juta per tahun atau rata-rata Rp5 juta per bulannya.

5. ERP Consultant

Seorang ERP (Enterprise Resource Planning) Consultant akan bekerja untuk memberikan saran terhadap perusahaan klien. Hal ini berkaitan dengan sistem yang digunakan oleh perusahaan klien, di mana sejumlah kebijakan atau solusi dibutuhkan untuk membuat sistem tersebut menjadi lebih efektif dan efisien dari sebelumnya. Hal ini tentu tidak hanya berupa konsultasi semata, namun sekaligus pemberian solusi untuk masalah yang dihadapi perusahaan klien.

Dalam pekerjaannya, seorang ERP Consultant pada umumnya menggunakan sistem database tertentu seperti Oracle atau SAP. Untuk keahlian di bidang ini, seorang ERP Consultant bisa mendapatkan gaji yang terbilang tinggi, yakni sekitar Rp96 juta per tahunnya.

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate

Berapa Biaya Kuliah yang Dibutuhkan Teknik Informatika?

Biaya Kuliah Jurusan Teknik Informasi
Biaya Kuliah Jurusan Teknik Informasi

Jika melihat peluang kerja dan juga besaran gaji yang dijanjikan oleh jurusan yang satu ini, maka tidak heran bila jumlah peminatnya juga terbilang cukup tinggi. Besaran biaya kuliah yang diterapkan oleh setiap kampus tentu akan sangat berbeda-beda, mengingat hal ini dipengaruhi oleh banyak hal, seperti: kebijakan, fasilitas, kualitas pendidikan, dan yang lainnya.

Untuk tahun ajaran 2017 ini, sebuah perguruan tinggi yang cukup dikenal di wilayah Jakarta, menerapkan biaya kuliah sebagai berikut:

  • Uang masuk (sumbangan) sebesar Rp27.000.000,-
  • Uang kuliah per semester Rp16.525.000,-

Jika diasumsikan rata-rata seorang mahasiswa teknik informatika akan lulus dalam 4 tahun, maka jumlah uang kuliah yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Uang masuk : = Rp 27.000.000,-
  • Uang semester : Rp16.525.000 x 8 = Rp132.200.000,-

Total = Rp159.200.000,-

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Jenis Pekerjaan Ini Butuh Keahlian Khusus!

Persiapkan dengan Baik Sejak Awal

Prospek kerja jurusan teknik informatika masih sangat menjanjikan, sehingga wajar saja jika peminatnya semakin lama semakin tinggi saja. Namun biaya kuliah jurusan ini juga terbilang tinggi, sehingga perlu dipersiapkan dengan baik sejak awal. Cari dan temukan kampus yang tepat, tentunya dengan biaya yang masuk akal dan kualitas pendidikan yang bisa diandalkan.

Baca Juga: Mitos Tentang Karier yang Tidak Boleh Anda Percayai

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar