Senin, 23 April 2018

Menhub dorong efisiensi pelabuhan besar

Kamis, 12 April 2018 18:36

Sumber Foto: https://bit.ly/2qslnhx Sumber Foto: https://bit.ly/2qslnhx
Ayo berbagi!

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong efisiensi biaya terutama di pelabuhan-pelabuhan besar, seperti Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Kuala Tanjung guna mendukung jalur perdagangan laut.

"Kita melakukan efisiensi terutama di pelabuhan besar, paling tidak bisa sampai 20-30 persen lebih murah," kata Budi usai diskusi yang bertajuk "Konsepsi Strategis Pengembangan Potensi Maritim Nasional dalam Mewujudkan Cita-Cita Poros Maritim Dunia Manuju 100 Tahun Kemerdekaan RI" di Gedung MPR/DPR di Jakarta, Kamis (12/4).

Budi menjelaskan pelabuhan besar memiliki kapasitas besar, sehingga dalam pengiriman barang langsung dalam skala besar dibandingkan dengan pelabuhan kecil. "Pelabuhan kecil memang ada satu dilema, skala ekonomi pelabuhan-pelabuhan itu tidak maksimal, karenanya kita mendorong dan mendukung kapal perintis yang beroperasi di sana, yang tentunya membuat pelabuhan itu berkembang," katanya.

Kendala saat ini, lanjut dia, tidak maksimalnya muatan barang dari Timur ke Barat, terutama untuk operasi Tol Laut, sehingga harus dicari solusi baru.

Budi menyebutkan pihaknya saat ini tidak melakukan tender kapal, tetapi muatan kapal, sehingga muatan yang diangkut bisa dimaksimalkan. "Kita harus mencari keseimbangan baru, kita tidak melakukan tender kapal, tapi jumlah muatan, sehingga kapal yang dikirim ke Indonesia bagian Timur itu efisien dengan kapal besar, sehingga barang menjadi murah," katanya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar