Jumat, 20 April 2018

Mahyudin: Bubar tidaknya Indonesia tergantung rakyat

Jumat, 13 April 2018 10:17

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin (Biro Humas MPR RI). Sumber foto: https://bit.ly/2HxkRGa Wakil Ketua MPR RI Mahyudin (Biro Humas MPR RI). Sumber foto: https://bit.ly/2HxkRGa
Ayo berbagi!

Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin mengatakan, bubar atau tidaknya Indonesia tergantung pada rakyat negara ini sendiri.

"Oleh karena itu, MPR terus menyosialisasikan Empat Pilar MPR kepada masyarakat agar negara ini tetap utuh," katanya saat menjadi pembicara pada Seminar Motivasi "Kami Indonesia" yang diikuti mahasiswa dan dosen Universitas Balikpapan, di Gedung Kesenian Balikpapan, Kamis (12/4).

Ia pun mengingatkan sejarah Nusantara yang akhirnya dikuasai asing bukan karena kehebatan bangsa asing, tetapi disebabkan tidak ada persatuan bahkan saling menjatuhkan. Hal sama pun terjadi pada awal-awal kemerdekaan.

"Bung Karno bilang jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah," kata politikus Partai Golkar asal Kalimantan itu, dikutip Antara.

Mahyudin menyebut, ada sejumlah tantangan yang dihadapi bangsa ini agar tetap utuh, baik dari dalam maupun dari luar. Tantangan dari dalam di antaranya terkait dengan pemahaman agama yang sempit yang berimbas pada sikap mempertentangkan kembali agama dengan Pancasila, eksploitasi agama untuk kepentingan politik, hingga aksi kekerasan.

Tantangan lainnya adalah berkurangnya penghargaan atas kebinekaan dan kemajemukan serta primordialisme yang masih kuat. Selain itu juga masih terjadi pengabaian kepentingan daerah di satu sisi dan penguatan fanatisme kedaerahan di sisi yang lain.

Sementara tantangan dari luar di antaranya adalah ideologi transnasional dan perang asimetris sebagai dampak dari globalisasi.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar