Jumat, 20 April 2018

Jadi calo CPNS, ASN di Kudus ditangkap

Jumat, 13 April 2018 16:11

Istimewa. Foto: Sutini/Radio Elshinta Istimewa. Foto: Sutini/Radio Elshinta
Ayo berbagi!

Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kudus, Lilis Elya ditangkap oleh Polres Kudus, Jawa Tengah, karena menjadi tersangka penipuan CPNS lintas kabupaten.  

Korban kasus penipuan seorang ASN di Kabupaten Pati melaporkan ke Polres Kudus setelah SK mutasi yang diterima palsu. Di mana tersangka menjalankan modusnya dengan cara membuat SK palsu dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jateng.

Kapolres Kudus, AKBP Agusman Gurning menjelaskan, Lilis ditangkap menyusul adanya pelaporan dari salah satu ASN warga Kabupaten Pati yang berkeinginan dipindah tugaskan ke Yogyakarta. 

"Lilis bersama komplotannya membuat SK Mutasi atas nama BKD Provinsi Jateng. Pelaku meminta uang sebesar Rp30 juta untuk memuluskan proses mutasi. Namun, ternyata SK tersebut palsu, sehingga korban melaporkan ke Polres Kudus," ungkap Kapolres, Kamis (12/4), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini.

"Lilis tidak bermain sendirian tetapi ada pelaku lain yang masih DPO. Makanya kami minta kepada masyarakat yang telah menjadi korban penipuan dari pelaku untuk melaporkan ke Polres Kudus. Sebab aksi yang sudah dijalankan sejak tahun 2016 lalu kemungkinan banyak korban-korban lainnya," imbuhnya. 

Pelaku, menurut Kapolres akan dijerat pasal 378 KUHP Pidana tentang penipuan dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara. Di mana pelaku saat ini ditahan karena kasusnya menjadi perhatian khusus. 

Penulis: Andi Juandi

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar