Sabtu, 21 April 2018

Menpar minta Babel bertransformasi ekonomi ke pariwisata

Sabtu, 14 April 2018 14:48

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta Provinsi Bangka Belitung (Babel) untuk melakukan transformasi ekonomi dari sektor tambang ke pariwisata. Sumber foto: https://bit.ly/2qvvUZs Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta Provinsi Bangka Belitung (Babel) untuk melakukan transformasi ekonomi dari sektor tambang ke pariwisata. Sumber foto: https://bit.ly/2qvvUZs
Ayo berbagi!

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta Provinsi Bangka Belitung (Babel) melakukan transformasi ekonomi dari sektor tambang ke pariwisata.

"Transformasi haruslah berawal dari komitmen pimpinan dan menerapkan agen perubahan bahwa pemimpin harus mempunyai visi ke depan. Memenangkan peperangan, tanpa peperangan sebagaimana Blue Ocean Strategy yang lihai dalam perencanaan dan cerdas menangkap peluang,” kata Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (14/4).

Menpar Arief Yahya menjelaskan, pariwisata merupakan industri jasa yang paling mudah, murah, cepat, serta berkelanjutan.

Menurut dia, Provinsi Babel dengan keunggulan lokasi yang memiliki daya ungkit global berpeluang membuat terobosan yang berarti dengan melakukan transformasi tiga lapangan usaha utama tersebut. “Penurunan kontribusi sektor pertambangan harus bisa digantikan sektor lain yang mengedepankan pembangunan ramah lingkungan dan berkelanjutan, semisal pariwisata yang telah terbukti lebih murah, lebih cepat memberikan hasil dan telah menjadi penyumbang devisa nasional nomor dua,” kata Arief Yahya.

Menurut Arief Yahya, pembangunan pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, dapat dipercepat dengan memanfaatkan kemudahan dan perlakuan khusus yang telah disediakan Pemerintah yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). "Melalui sinergitas 3 KEK Pariwisata (Tanjung Kelayang, Tanjung Gunung, Pesisir Timur Sungailiat) yang didukung penuh para diaspora Babel, maka bisnis model KEK Pariwisata ini akan mempercepat transformasi struktur ekonomi Provinsi Babel ke arah struktur ekonomi modern,” ungkap Arief Yahya.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar