Senin, 23 April 2018

Mendag beberkan tiga kunci peningkatan ekspor

Sabtu, 14 April 2018 15:48

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Sumber foto: https://bit.ly/2JLJIa8 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Sumber foto: https://bit.ly/2JLJIa8
Ayo berbagi!

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membeberkan tiga kunci utama yang perlu dilakukan oleh pemerintah khususnya dalam peningkatan kinerja ekspor, yang pada 2018 ini ditargetkan naik sebesar 11 persen dari tahun sebelumnya.

"Ketiga hal tersebut yaitu menjaga ketersediaan bahan baku dan barang modal serta stabilitas harga barang modal pada harga internasional yang kompetitif, perluasan pasar ekspor, serta peningkatan ekspor jasa," kata Enggartiasto dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (14/4).

Enggartiasto mengatakan tiga hal tersebut dalam Rapat Koordinasi pemerintah, pemerintah daerah, dan Bank Indonesia di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pekan ini, yang mengusung tema "Pengembangan Industri Berorientasi Ekspor melalui Perluasan Akses Pasar dan Optimalisasi Kawasan Industri".

Upaya menjaga ketersediaan bahan baku dan barang modal, menurut Enggartiasto dapat dilakukan melalui penurunan tarif, memberikan kemudahan dalam proses pengurusan lisensi dan perizinan ekspor dan impor, serta meningkatkan transparansi peraturan ekspor dan impor.

Sedangkan perluasan pasar ekspor dapat dilakukan dengan menjaga jumlah perjanjian perdagangan bilateral, regional dan multilateral, dan penjajakan pasar-pasar ekspor nontradisional.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar

  • ehh shinta ehh shinta ehh shinta

    hmmmmmmmm