Senin, 23 April 2018

Rencana impor dosen untuk perguruan tinggi, Komisi X DPR tidak setuju

Minggu, 15 April 2018 12:14

Sumber foto: Effendi Murdiono/Radio Elshinta Sumber foto: Effendi Murdiono/Radio Elshinta
Ayo berbagi!

Pemerintah berencana menghadirkan tenaga pendidik asing sebagai dampak pelaksanaan Perpres No 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA). Pengajar asing bila disandingkan dengan komposisi jumlah mahasiswa baik perguruan tinggi negara (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) cukup memiliki alasan konkret.

"Data tahun 2014/2015 jumlah mahasiswa di PTN 1,9 juta, PTS 3,9 ribu. Adapun jumlah dosen PTN sebanyak 63.704 dan di PTS 108.067 dosen. Komposisi mahasiswa dan dosen dari data tersebut memang tampak timpang," kata Anggota DPR RI Komisi X, Anang Hermansyah kepada Kontributor Elshinta, Effendi Murdiono, Minggu (15/4).

Hanya saja, kata Anang, data tersebut tentu mengalami perubahan seiring kebijakan Kemenristekdikti yang cukup ketat menekankan kepada perguruan tinggi untuk merekrut dosen profesional dengan mendorong Nomer Induk Dosen Nasional (NIDN). "Masalahnya, andai saja memang kekurangan dosen untuk bidang tertentu apa harus dengan mengimpor dosen asing?," ujarnya.

Lebih lanjut Anang menyebutkan, bagaimana dengan persyaratan dosen asing agar dapat masuk ke Indoensia khususnya soal wawasan kebangsaan seperti empat pilar. "Tenaga pengajar menjadi profesi strategis dalam rangka menyiapkan generasi mendatang. Pertanyaannya, apakah dosen asing itu juga harus mengerti soal wawasan kebangsaan kita?," tanya Anang lagi.

Menurutnya, dampak impor dosen tidak sekedar urusan kurangnya tenaga pengajar untuk bidang tertentu saja, ada aspek lainnya yang juga harus dipertimbangkan, yakni soal ketahanan nasional dan ketahanan budaya, bagaimana dengan dosen asing untuk aspek tersebut. Sebaiknya pemerintah perlu mengkaji ulang dampak atas dibukanya keran dosen asing masuk ke tanah air.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar