Senin, 23 April 2018

Peta lahan pertanian Indonesia kini tersedia online

Minggu, 15 April 2018 14:27

Peta informasi lahan pertanian dalam bentuk peta skala 1:50.000 kini telah tersedia online untuk seluruh kabupaten dan kota di Indonesia melalui laman www.sisultan.litbang.pertanian.go.id. Sumber foto: https://bit.ly/2qxrH7q Peta informasi lahan pertanian dalam bentuk peta skala 1:50.000 kini telah tersedia online untuk seluruh kabupaten dan kota di Indonesia melalui laman www.sisultan.litbang.pertanian.go.id. Sumber foto: https://bit.ly/2qxrH7q
Ayo berbagi!

Peta informasi lahan pertanian dalam bentuk peta skala 1:50.000 kini telah tersedia online untuk seluruh kabupaten dan kota di Indonesia melalui laman www.sisultan.litbang.pertanian.go.id.

"Kini dengan perkembangan teknologi informasi peta tersebut dapat diakses internet," kata Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) Dedi Nursyamsi di Jakarta, Minggu (15/4).

Pihaknya mengembangkan peta yang diberi nama sisultan sejak 2013 dengan pembaharuan yang terus-menerus hingga dirilis ke publik sejak 2016.

Ia menjelaskan, sisultan merupakan media untuk menyajikan informasi geospasial pertanian ke masyarakat. "Proses penelusuran informasi lahan dan pengelolaannya dapat cepat, mudah, dan murah diakses," kata Dedi.

Aplikasi tersebut dapat diakses dengan mudah di www.sisultan.litbang.pertanian.go.id yang terus diperbaharui dari waktu ke waktu. "Tahun ini semua informasi lahan di semua kabupaten sudah dapat diakses," kata Dedi.

Menurut Dedi, tantangan terbesar pada upaya ini adalah merangkum dan mengharmoniskan data peta yang ada. Ia berharap mulai saat ini masyarakat dapat melihat kondisi dan potensi lahannya secara lebih cepat dengan hanya klik aplikasi di laptop, tablet atau smartphone mereka.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar