Jumat, 20 April 2018

DPR optimistis kerja sama Indonesia-Ceko makin erat

Minggu, 15 April 2018 17:29

Dito Ganinduto. Sumber foto: https://bit.ly/2JIKkgB Dito Ganinduto. Sumber foto: https://bit.ly/2JIKkgB
Ayo berbagi!

Komisi VI DPR optimistis kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan Republik Ceko akan semakin erat dalam waktu-waktu mendatang.

"Saya sangat optimistis Republik Ceko akan menjadi salah satu mitra yang sangat potensial bagi Indonesia dalam konteks semakin diperluasnya pasar-pasar nontradisional Indonesia, terutama di kawasan Eropa Tengah dan Timur," kata Ketua Delegasi Komisi VI DPR RI Dito Ganinduto saat acara ramah tamah bersama Dubes RI dan masyarakat Indonesia di Praha, Republik Ceko, seperti disampaikan dalam rilis di Jakarta, Minggu (15/4).

Komisi VI DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Republik Ceko pada 9-14 April 2018. Menurut dia, yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi VI DPR, dalam kemitraan strategis tersebut, beberapa indikator hubungan antarkedua negara menunjukkan peningkatan signifikan, yang bernilai positif bagi Indonesia.

Dalam periode 2015-2017, lanjut Dito, Indonesia selalu mencatat surplus dalam perdagangan kedua negara dengan persentase peningkatan signifikan. Pada 2015, ketika volume perdagangan tercatat sebesar 402,85 juta dolar AS, surplus Indonesia berada pada angka 138,81 juta dolar.

Kenaikan yang signifikan, tambahnya, tercatat pada 2017 saat Indonesia membukukan surplus perdagangan 284,54 juta dolar dari total volume 509,68 juta dolar. "Dengan kata lain, dalam volume perdagangan yang meningkat sekitar 25 persen, surplus Indonesia berhasil meningkat lebih dari 100 persen," katanya.

Indikator lain yang memberikan optimisme bagi delegasi, menurut Dito, adalah peningkatan jumlah kunjungan dari Republik Ceko ke Indonesia.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar