Jumat, 20 April 2018

Ingin Tinggal di Amerika? Ini Tips Finansial untuk Bertahan Hidup di Sana

Senin, 16 April 2018 14:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/ingin-tinggal-di-amerika-ini-tips-finansial-untuk-bertahan-hidup-di-sana courtesy https://www.cermati.com/artikel/ingin-tinggal-di-amerika-ini-tips-finansial-untuk-bertahan-hidup-di-sana
Ayo berbagi!

Negara Amerika memang dikenal sebagai salah satu tujuan perantauan bagi banyak orang di seluruh penjuru dunia. Bagaimana tidak? Amerika memberikan peluang yang cukup besar bagi seseorang yang ingin bekerja, berwirausaha, bahkan menempuh pendidikan.

Namun bukan berarti Amerika menjadi tempat yang selalu menyenangkan. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan hijrah ke negeri Paman Sam tersebut.

Tentu saja, agar kehidupan Anda nantinya dapat berjalan dengan baik sesuai rencana awal, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Apa saja? Yakni mulai dari tempat tinggal, biaya hidup, mobilitas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah tips-tips finansial berikut ini dapat membantu Anda bertahan dengan kerasnya kehidupan di Amerika. Apa saja? Simak ulasan berikut:

 

1. Perbarui Penghitungan Anggaran Sesuai Biaya Hidup di Amerika

Membuat Anggaran
Buatlah anggaran baru

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperbarui atau membuat anggaran hidup yang baru sesuai biaya hidup di Amerika. Setiap daerah di Amerika Serikat tentunya memiliki biaya hidup yang berbeda satu sama lainnya.

Untuk biaya hidup termahalnya berada di kota New York, Los Angeles, dan San Fransisco. Untuk daerah pesisir, umumnya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan negara di bagian selatan.

Untuk itu lah, perhatikan baik-baik apa saja yang menjadi kebtuhan hidup, mulai dari biaya tempat tinggal, biaya makanan, transportasi, kesehatan, dan lainnya di dalam menyusun anggaran.

2. Jangan Segan Konsultasi Keuangan dengan Ahlinya

Konsultasi Keuangan
Ilustrasi konsultasi keuangan

Ketika memutuskan untuk tinggal di Amerika, maka Anda harus dapat menaati segala aturan pajak yang telah diberlakukan di negara tersebut. Nah, yang perlu Anda ketahui adalah kode pajak di AS memang tergolong cukup rumit, tentunya ini menyulitkan bagi orang-orang yang baru saja pindah ke negara tersebut.

Jika Anda memang belum banyak mengetahuinya, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan yang profesional. Orang-orang ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan masa depan keuangan saat akan pindah ke sana.

Konsultan keuangan akan jujur kepada kliennya serta memberikan informasi yang rinci terkait perjanjian pajak yang ada di AS dan negara asal klien.

Dengan adanya perjanjian pajak ini, nantinya akan mengurangi nilai pajak yang akan dibebankan kepada imigiran-imigran yang ada di AS. Untuk jasa profesional ini biasanya dapat Anda cari di Direktori Layanan Revenue Internal.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri

3. Tempatkan Uang di Lembaga Keuangan atau Bank yang Kredibel

Bank Tidak Kredibel
Jangan sekali-kali menyimpan dana di tempat yang tidak kredibel

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memilih lembaga keuangan atau bank yang tepat sebagai sarana penyimpanan uang Anda.

Setelah Anda mendapatkan visa kerja dan mulai bekerja, tentunya Anda harus memikirkan tentang masalah penyimpanan uang. Di Amerika Serikat, ada banyak jenis perusahaan pelayanan keuangan yang dapat Anda pilih, mulai dari bank komersial, bank lokal, broker investasi ,dan bank online.

Untuk bisa mendapatkan lembaga keuangan yang tepat, maka sebisa mungkin cari informasi sebanyak mungkin mengenai bank-bank tersebut, termasuk kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Setelah mempertimbangkan dengan baik, maka Anda bisa memutuskan mana yang sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda.

4. Jaga Kualitas Kredit yang Baik dari Awal

Kualitas Kredit
Ilustrasi kualitas kredit yang baik

Jika Anda datang ke Amerika untuk membangun bisnis ataupun membutuhkan kredit guna kebutuhan sehari-hari, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Akan lebih baik jika Anda memulai kredit dari nol alias dari awal lagi.

Bagaimana caranya? Tentunya dengan melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan membayar cicilan atau tagihan tepat waktu. Hal ini akan sangat membantu untuk bisa mendapatkan nilai kredit yang layak dalam kurun waktu singkat.

Namun tentu saja pemakaian kredit ini harus Anda perhatikan dengan baik. Meskipun proses pengajuan kredit di perusahaan keuangan AS cukup mudah, namun hal ini lah yang malah memungkinkan mengalami risiko dengan masuk ke dalam tumpukan utang.

Baca Juga: 20 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

5. Pilihlah Jasa Pengiriman Uang Internasional yang Murah dan Terpercaya

Transfer Uang
Jelilah memilih jasa transfer uang

Melakukan transfer uang ke luar negeri tentunya akan terasa berat karena biaya pengiriman yang sangat mahal. Untuk itu, tidak ada salahnya mencari jasa pengiriman uang internasional yang memiliki biaya murah.

Sebenarnya ada banyak pilihan jasa pengiriman keuangan, mulai dari mahal, sedang, hingga yang murah. Untuk menghemat pengeluaran, akan lebih baik untuk memilih jasa pengiriman uang dengan biaya yang murah sekaligus terpercaya.

Pindah ke Amerika Tanpa Halangan dengan Perencanaan yang Baik

Memutuskan untuk tinggal ke negara lain tentu menjadi hal yang cukup penting di dalam kehidupan. Sehingga pengambilan keputusan tidak boleh dilakukan secara terburu-buru. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk pindah tinggal ke negara lain. Terlebih lagi Amerika yang dibutuhkan persiapan dengan baik agar hidup berjalan sesuai harapan.

Baca Juga: Kuliah Di Luar Negeri, Ini Cara Bertahan Hidup Di Sana

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar