Jumat, 20 April 2018

Menlu RI-Vietnam bahas kerja sama kelautan-perikanan

Selasa, 17 April 2018 21:36

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi. Sumber foto: https://bit.ly/2IYVvAQ Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi. Sumber foto: https://bit.ly/2IYVvAQ
Ayo berbagi!

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Bihn Mihn dalam Sidang Komisi Bersama ke-3 RI-Vietnam membahas tentang kerja sama antarkedua negara di bidang kelautan dan perikanan.

Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-3 RI-Vietnam itu dilaksanakan di Hanoi, Vietnam, seperti disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Selasa (17/4).

Pada kesempatan itu, Menlu RI menegaskan bahwa penangkapan hasil laut secara ilegal dan tidak sesuai aturan (Illegal, Unreported, Undocumented/IUU fishing) merupakan ancaman serius bagi ketahanan pangan suatu negara.

Untuk itu, Menlu RI mengajak pemerintah Vietnam untuk meningkatkan kerja sama dalam memberantas "IUU fishing" sekaligus mendorong tata kelola perikanan yang berkelanjutan.

Menanggapi ajakan tersebut, pemerintah Vietnam berjanji akan segera memberikan tanggapan terhadap "Draft Joint Communique on IUU Fishing" yang sudah disampaikan oleh Indonesia.

Selain itu, Menlu RI dan Menlu Vietnam juga membahas tentang penetapan batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia-Vietnam, yang merupakan salah satu isu yang masih terus dirundingan kedua negara.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar